15 Pekerja PT Freeport Telah Dievakuasi, Lima Di Antaranya Meninggal

freeportSelaluBaruNet – Evakuasi yang terus dilakukan oleh para pekerja PT Freeport Indonesia yang terjebak reruntuhan terowongan di Big Gossan Mil 74 Distrik Tembagapura, terus berlanjut. Enam pekrja telah ditemukan tapi belum bisa dievakuasi karena bebatua yang masih terus berjatuhan.

Nurhadi Sabirin, kepala tim tanggap darurat perusahaan, mengatakan sudah menemukan sisa korban. “Kami terus melakukan upaya-upaya nonstop, 24 jam sehari secepat dapat dilakukan secara aman untuk melakukan segala kemungkinan untuk menyelamatkan nyawa.

Operasi pertambangan di tambang Grasberg di Mimika terpencil di provinsi paling timur Papua telah ditangguhkan sejak Selasa untuk memberikan penghormatan kepada para korban dan untuk berkonsentrasi pada operasi penyelamatan. Perusahaan mengatakan kecelakaan itu diperkirakan tidak memiliki dampak yang signifikan pada kegiatan operasional.

Sekitar 1.000 pekerja masih memblokir jalan utama sekitar dua mil (tiga kilometer) dari lokasi kecelakaan dalam solidaritas dengan para korban, dan juga untuk mencari jaminan keamanan dalam bekerja di bawah tanah.

Lebih dari 20.000 pekerja yang dipekerjakan di tambang milik Phoenix, Arizona berbasis Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc di provinsi bergolak, yang menghasilkan dan adangan tembaga terbesar di dunia.