5 Negara dengan Harga BBM Termahal di Dunia

bbmSelaluBaruNet – Bahan bakar minyak, atau BBM menjadi salah satu kebutuhan vital masyarakat di dunia. BBM merupakan bahan baku penggerak sendi-sendi kehidupan masyarakat. Tingginya harga BBM, membuat daya beli masyarakat semakin berat. Berikut lima negara dengan harga BBM tertinggi di dunia.

Di posisi lima, ada Denmark. Masyarakat di Denmark harus membeli BBM dengan harga US$2,26, atau setara dengan Rp26.464 per liter. Denmark menerapkan pajak tinggi pada BBM dan sektor lainnya sebagai modal upaya eksplorasi energi terbarukan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Konsumsi BBM di Denmark cukup tinggi, salah satunya karena negara tersebut memiliki musim dingin yang cukup ekstrem tiap tahunnya.

Selanjutnya, di posisi empat, ada Turki, yang menetapkan harga BBM sebesar US$2,29, atau setara dengan Rp26.815 per liter. Harga tinggi harus diterapkan Pemerintah Turki, agar BBM tidak diselundupkan ke negara-negara Eropa.

Pajak BBM yang tinggi juga dipergunakan pemerintah untuk subsidi bahan makanan pokok, membangun infrastruktur serta industri massal.

Negara dengan harga BBM tertinggi lainnya adalah Belanda. Negara tersebut menetapkan harga BBM sebesar US$2,38, atau setara dengan Rp27.870 per liter. Pajak yang tinggi dipergunakan Belanda untuk memajukan sistem transportasi massal serta riset dan teknologi untuk sumber daya yang terbarukan.

Selain itu, Belanda juga mempergunakan pajaknya untuk meningkatkan pendidikan.

Berikutnya adalah Italia. Negara tersebut mematok harga BBM sebesar US$2,41, atau setara dengan Rp28.220. Harga BBM di Italia mengalami kenaikan tajam paska krisis Eropa tiga tahun lalu.

Italia menerapkan pajak BBM tinggi untuk memulihkan kondisi keuangan negara. Akibat krisis Eropa, Italia bahkan sempat mengurangi insentif pendidikan dan gaji pegawai negeri.

Norwegia menempati posisi pertama sebagai negara dengan harga BBM tertinggi. Negara tersebut menetapkan harga US$2,55, atau setara dengan Rp29.860 per liter.

Norwegia adalah salah satu negara penghasil minyak, namun memiliki harga bensin tertinggi di dunia saat ini. Sejak tahun 2007 Norwegia menetapkan pajak sebesar lebih dari 63 persen untuk harga BBM di negaranya.

Pajak sebesar itu dipergunakan untuk subsidi pangan serta memajukan sektor perikanan dan pertanian. Norwegia juga menggunakan pajak untuk menjamin pendidikan dan kesehatan warga negaranya.

 

Sumber: viva.com