Alasan Mengapa Harus Berolahraga

olahragaSelaluBaruNet – Banyak mafaat yang dapat diperoleh dari olahraga, tapi sebagian besar orang tidak suka melakukannya dengan berbagai alasan salah satunya adalah lelah. Padahal dengan gaya hidup yang serba instan dan kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji yang cukup tinggi, dapat menyehatkan tubuh karena ada keseimbangan antara makan dan olahraga untk menjaga tubuh tetap sehat.

Ini adalah beberapa alasa mengapa orang berolahraga:

1. Membuat pikiran dan mental jadi jenih

Ketika pikiran sedang pusing, stres, dan pekerjaan menumpuk, Anda cenderung mengorbankan waktu olahraga Anda. Padahal latihan kardio yang intens justru akan membantu Anda untuk melepaskan hormon endorfin, senyawa kimia yang merangsang timbulnya suasana lebih bahagia.

Ketika berolahraga, Anda akan merasa lebih berenergi dan termotivasi untuk beraktivitas kembali. Olahraga juga akan membantu mengurangi terbentuknya hormon kortisol (yang merangsang stres), menghindari depresi, dan meredakan kecemasan.

2. Sebagai bentuk meditasi

Olahraga bisa membuat Anda merasa lebih optimis dan tenang. Ketika Anda berkonsentrasi pada gerakan tubuh Anda, maka pikiran Anda akan teralih dari pikiran lainnya saat itu. Dan ini merupakan bagian dari bentuk meditasi, yaitu mencoba untuk fokus pada satu hal, dan melepaskan ketegangan untuk meningkatkan energi.

Untuk mengambil manfaat yang lebih jauh, Anda bisa mencoba yoga. Latihan ini akan mengurangi stres, meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, koordinasi, sirkulasi, dan membantu membentuk postur tubuh. Jenis yoga apa pun yang Anda lakukan akan menggabungkan teknik pernafasan dan meningkatkan sensasi meditasi dan melatih ketenangan.

3. Membantu tidur nyenyak
Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda tidur lebih cepat dan nyenyak. Menurut laporan penelitian dari Universitas Harvard, 1 dari 5 orang Amerika selalu tidur kurang dari enam jam semalam. Ini akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Kurang tidur akan meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung, bahkan obesitas. Selain itu, olahraga adalah cara yang paling efektif dan tepat untuk membantu mencegah ngorok saat tidur.