AS Arahkan Kapalnya ke Samudera Hindia Setelah Satelit Tangkap Sinyal “Ping”

malaysiaSelaluBaruNet – Laporan yang menyebutkan satelit menangkap sinyal “Ping” (Packet Internet Gopher) dari pesawat Boeing 777-200ER membuat angkatan Laut Amerika Serikat Kamis, 13 Maret 2014, memerintahkan kapal ke Samudera Hindia untuk mencari pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak Sabtu 8 Maret 2014.

Seperti dilansir Straitstimes, Jumat 14 Maret 2014, fokus pencarian dari Laut Cina Selatan dialihkan ke Samudera Hindia setelah pihak Gedung Putih mendapat informasi baru menunjukkan pesawat itu ke barat Samudera Hindia.

“Kapal USS Kidd transit di Selat Malaka dan dalam perjalanan ke Samudera Hindia,” kata seorang pejabat Angkatan Laut AS. Diketahui, kapal USS Kidd awalnya dikerahkan ke Teluk Thailand untuk mencari pesawat.

Selain itu, AS juga mengerahkan sebuah pesawat pengintai, P-8 Poseidon, ke sana untuk membantu pencarian.

Pada proses pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 itu, AS telah mengerahkan beberapa kapal dan pesawat canggih.

Dua kapal AL yakni, USS Pinckney dan USS Kidd. Kedua kapal itu juga dilengkapi helikopter Sea Hawk dengan kamera inframerah untuk operasi pencarian malam hari.

Selain itu, AS juga sudah mengerahkan pesawat pengintai P-3C Orion. Ditambah pesawat pengintai, P-8 Poseidon, diterjunkan untuk membantu pencarian.

Sebelumnya, sebuah satelit menangkap sinyal ping dari pesawat nahas itu. Menurut sumber dari penyelidikan hilangnya pesawat itu, isyarat “Ping” dari pesawat dikirim sekitar lima kali. Namun, isyarat itu belum memberikan petunjuk di mana pesawat nahas itu berada.