Bahaya Jika Ibu Menitipkan Anak pada Orangtua

ibu anakSelaluBaruNet – Kesibukan suami isteri yang bekerja di kota-kota besar membuat pasangan  tersebut akhirnya merasa aman jika sering  menitipkan anak mereka pada orangtua atau mertua dengan alasan lebih aman. Namun ternyata tidak selamanya itu baik karena bisa berdampak buruk pada perkembangan anak.

Berikut ini adalah sikap orangtua yang bisa “merusak” anak di masa depannya:

Kebiasaan makan buruk

Kakek atau nenek enggan berkata “tidak” pada cucu. Mereka akan mengizinkan anak mengonsumsi es krim, permen, cokelat, dan junk food. Kegemaran buruk yang dipelihara itu bisa memicu obesitas.

Tantrum

Karena terbiasa selalu dituruti, anak pun memiliki temperamen tantrum. Setiap permintaannya tak dipenuhi orangtua, mereka langsung marah, bahkan tak segan melempar barang atau mengancam.

Memanjakan

Kakek atau nenek kebanyakan ingin memenuhi semua keinginan cucu, apapun alasannya. Meski orangtua mereka sudah melarang, diam-diam kakek dan nenek akan membelikan karena tak tega.

Menjadi penyelamat

Anak kelamaan akan terbuai oleh kebiasaan indisipliner dari kakek neneknya. Setiap orangtua mencoba mendisiplinkan perilaku, mereka akan berlari mencari tempat perlindungan pada kakek dan neneknya.

Gagap atau baby talk

Kakek dan nenek suka berbicara kekanakan dengan cucunya. Alhasil, anak pun jadi terbiasa bicara ala bayi. Saat dewasa, anak jadi kerap salah ucap dan memiliki vokal yang tidak jelas.