Bahaya Tisu Toilet Berwarna

tissue warnaSelaluBaruNet – Banyak cara yang dilakukan produsen untuk meningkatkan omset penjualan dengan menciptakan produk yang menarik bagi konsumen. Tapi bagaimana jika bahan yang dipakai membahayakan konsumen? Berikut ini adalah bahaya penggunaan tissue toilet berwarna:

Hal ini diungkapkan ahli bedah kolorektal Guy Nash. Di jurnal BMJ Case Reports, Nash mengungkapkan, tisu berwarna, terutama merah, sangat   berbahaya bagi kesehatan. Akibatnya, penderita tidak menyadari gejala dan penyakit yang dia idap bisa bertambah parah, bahkan mengakibatkan kematian.

Menurut Nash, tisu toilet merah akan menyamarkan gejala pendarahan pada usus besar, karena warnanya tidak bisa dibedakan dengan darah. Tisu merah bisa jadi terlihat seperti darah dalam keadaan basah.

Ini yang terkadang ditakutkan, karena bercak darah merah merupakan salah satu tanda paling umum dari kanker usus besar. Pengguna tisu itu bisa saja terkecoh, tinta yang luntur dianggap darah.

“Yang tidak mengalami pendarahan, akan melihat darah palsu. Sebaliknya, yang mengalami pendarahan tak bisa membedakan mana darah asli dan palsu,” tulis Nash dalam jurnal penelitiannya seperti dilansir LiveScience.

Nash melanjutkan, produsen dan masyarakat harus menyadari risiko ini. Kendati demikian, sejauh ini belum ada keluhan medis dari penggunaan tisu toilet berwarna lain selain merah.

Jika pengguna masih ingin menggunakan tisu berwarna, David Bernstein, seorang ahli pencernaan dari North Shore University Hospital, New York, menyarankan pengguna sebaiknya memiliki alat kolonoskopi yang bisa mendeteksi penyakit kanker usus besar atau kanker kolorektal.

Kedua ahli itu juga menyatakan, tinja berdarah lebih dekat dengan ciri-ciri kanker usus besar. Tisu toilet pun bukan satu-satunya hal membuat seseorang terkecoh dengan darah.

Nash berkata, ada beberapa pasien yang mengalami pendarahan, ternyata mereka mengonsumsi buah bit tiga hari sebelumnya.