Benarkah Berbahaya Menggoreng Dengan Minyak Zaitun ?

olive oilSelaluBaruNet – Berbagai jenis minyak goreng yang beredar dipasaran membuat anda bebas memilih sesuai dengan selera anda. Seperti, minyak sayur, minyak sawit, minyak canola, minyak biji bunga matahari, sampai minyak zaitun.

Semua jenis minyak ini dibedakan dari bahan baku utama pembuatannya. Karena bahan bakunya yang berbeda ini, beda minyak jadi beda titik didih dan titik terbakarnya (burning point). Secara tak langsung, hal ini menyebabkan minyak jadi punya fungsinya masing-masing.

“Meski sama-sama minyak untuk makanan, tapi tidak semuanya bisa dipakai untuk menggoreng. Khususnya untuk menggoreng deep fried,” jelasnya.

Ia menambahkan, semua jenis minyak ini bisa digunakan untuk menumis. Karena saat menumis panasnya tidak terlalu tinggi, dan prosesnya hanya berlangsung sebentar.

Namun minyak zaitun sebaiknya tidak digunakan untuk menggoreng dengan teknik deep fried (menggoreng dengan minyak banyak dan panas). Sekalipun dianggap paling sehat, namun minyak zaitun memiliki burning point yang lebih rendah dibanding minyak goreng lainnya. Jadi, ketika terus-menerus dipanaskan akan mudah terbakar dan mengubah rantai molekul di dalamnya. Ini akan membuat minyak tak lagi aman untuk kesehatan.

Selain itu, minyak yang cepat terbakar ini akan membuat makanan cepat gosong, padahal bagian dalamnya belum matang.

“Minyak canola dan biji bunga matahari masih bisa dipakai untuk deep fried,” tutupnya.