Benarkah Kopi Bisa Untuk Diet

kopiSelaluBaruNet – Bagi penyuka kopi, pro dan kontra tidak lagi menjadi hal penting untuk dipermasalahkan, asalkan mereka bisa menikmati kopi setiap hari dan yang penting tidak melebihi batas yang telah ditentukan sesuai kebutuhan. Tapi tahukah anda bahwa ternyata kopi sangat baik untuk diet?

Berikut beberapa manfaat kopi untuk diet.

Manfaat Kopi untuk Diet

Ada beberapa manfaat kopi untuk diet yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi dengan tepat.

  1. Menahan atau menekan keinginan dan nafsu makan. Manfaat kopi untuk menahan nafsu makan tidak selamanya terjadi, melainkan hanya sementara.
  2. Memberikan kebutuhan energi yang cukup bagi tubuh. Nah, jika Anda penyuka aktivitas olahraga ada baiknya mengkonsumsi kopi sebelum berolahraga, agar kebutuhan energi dan stamina tercukupi. Namun yang perlu diperhatikan adalah konsumsi dengan tepat.
  3. Membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Kok bisa? Tentu saja bisa. Kandungan kafein di dalam kopi dapat meningkatkan kinerja metabolisme tubuh. Dengan sendirinya terjadi peningkatan metabolisme di dalam tubuh yang mampu membakar lemak tubuh. Kalori yang terbakar di dalam tubuh baik untuk kesehatan.
  4. Memiliki kandungan kalori yang rendah. Hal ini sangat baik untuk Anda yang menginginkan diet dengan mengurangi berat tubuh. Konsumsi kalori Anda dengan meminum kopi hanya sedikit dibandingkan minuman lain seperti minuman bersoda.

Kopi dan Efek Buruk Bagi Tubuh

Terlalu sering mengkonsumsi kopi bisa menyebabkan kecanduan pada seseorang. Kandungan kafein dalam kopilah yang bisa menimbulkan efek kecanduan. Bagi yang kecanduan, jika tidak minum kopi akan muncul perasaan gelisah atau kurang bersemangat.

Efek lain bagi orang yang sering meminum kopi biasanya akan sering buang air kecil. Gejala demikian, dapat mengakibatkan tubuh kekurangan cairan dan jika fatal bisa menimbulkan dehidrasi.

Kopi juga bisa menganggu pencernaan jika dikonsumsi pada pagi hari. Pagi hari sebenarnya adalah waktu yang baik bagi pencernaan untuk melakukan pembersihan kandungan atau zat tidak sehat dari dalam tubuh. Oleh karena itu, pagi hari sebaiknya diisi dengan sarapan dengan menu sehat lain.

Kopi juga bisa membuat gemuk jika campuran krim maupun gula di dalamnya berlebihan. Belum lagi jika Anda mengkonsumsi makanan berkalori seperti gorengan, kue manis atau makanan lain

Porsi Konsumsi Kopi yang Dianjurkan

Melihat dampak tidak baik kopi bagi tubuh apabila dikonsumsi dengan takaran yang tidak sesuai dan terlalu sering, maka cara bijak menjadikan kopi sebagai kiat untuk diet adalah dengan mengkonsumsinya dengan tepat yakni tambahn krim maupun gula yang cukup serta tidak terlalu sering dikonsumsi.

Selain porsi yang sesuai, kopi sebaiknya juga dikonsumsi sebelum Anda melakukan aktivitas olahraga untuk membantu metabolisme tubuh bekerja optimal yang disertai peningkatan energi.

Jika Anda suka minum kopi pada malam hari sebaiknya harus diimbangi dengan mengkonsumsi penetral misalnya, salad atau buah. Kopi adalah minuman yang dapat mengurangi rasa lapar dan mampu menahan keinginan tubuh untuk tidak mengkonsumsi makanan. Maka makanan salad yang dikonsumsi bersama kopi akan membantu diet Anda. Minum kopi juga harus diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup agar cadangan air dan oksigen dalam tubuh terpenuhi. Bagaimana? Anda tertarik dengan manfaat kopi untuk diet di atas?