Benarkah Lobster Hewan yang Abadi Secara Biologis?

lobsterSelaluBaruNet – Tahukah Anda kalau salah satu makanan laut terenak dan sangat menggoda ini ternyata merupakan hewan laut yang abadi dan tidak dapat menjadi tua? Lobster merupakan hewan yang memiliki rahasia akan keabadiaan secara biologis. Tapi itu bukan berarti lobster tidak bisa mati, jadi apa maksudnya abadi secara biologis? Berikut penjelasannya.

Peneliti menemukan bahwa tidak seperti manusia yang seiring waktu menjadi tua dan melemah, lobster malah lebih kuat dan lebih subur seiring bertambahnya umur mereka. Mereka menemukan bahwa hal ini disebabkan karena mereka memiliki kemampuan

menghasilkan sebuah enzim bernama telomerase dalam jumlah yang banyak dan konstan.

Enzim Telomerase merupakan enzim yang berfungsi untuk mengatur telomere yang ada di ujung setiap kromosom. Telomere sendiri berguna untuk melindungi kromosom atau DNA dari degradasi.

Pada mahluk hidup umumnya seperti manusia, setiap kali sel Telomere ini membelah diri maka degradasi akan terjadi dan itu akan memburuk seiring bertambahanya usia. Telomere ini juga tidak akan bertambah.

Jadi, selama Lobster tersebut tidak memiliki penyakit, dimangsa, ataupun luka, maka ia dapat hidup selamanya. Bahkan seiring bertambahnya waktu mereka akan mencapai ukuran yang lebih besar, lobster terbesar memiliki berat sekitar 20 kg (kilogram) dan ditemukan di Nova Scotia, Canada, dan diyakini masih ada lobster lebih besar lagi karena sifat keabadian biologis mereka ini.

ABADI SECARA BIOLOGIS? APA MAKSUDNYA?

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, selama lobster tersebut tidak memiliki penyakit, dimangsa ataupun luka, maka lobster tersebut akan dapat hidup selamanya. Hal inilah yang dimaksud abadi secara biologis.

Pada kenyataannya, hewan laut ini tidak memiliki keberuntungan seperti itu. Setiap kali mereka bertambah besar maka tentunya cangkang yang dibutuhkan akan lebih besar dan mereka harus melepaskan cangkang mereka yang lama.

Setelah mereka terlepas dari cangkang lama mereka dan selama masa pertumbuhan cangkang yang baru maka lobster terebut sangatlah rentan akan adanya predator, dan bakteri-bakteri yang dapat menempel di tubuh mereka dan menimbulkan penyakit

Lalu bagaimana jika mereka di akuarium? Apakah mereka dapat hidup selamanya? Tidak juga, karena seiring cangkang yang mereka semakin besar maka cangkang itu akan semakin berat dan mereka membutuhkan energi yang lebih banyak untuk melepaskan diri mereka dari cangkang tersebut. Energi dan berat yang dibutuhkan-pun lebih besar daripada cangkang mereka sebelumnya, oleh karena itu dalam kebanyakan kasus hewan laut ini akan mati karena terjebak (nyangkut) di cangkang mereka itu.

 

Sumber:tahupedia.com