Benarkah Minum Kopi Berlebih Bisa Membuat Gemuk?

minum kopiSelaluBaruNet – kebanyakan orang suka minum kopi karena ternyata kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengadung nutrisi seperti vitamin B2 B3 dan vitamin B5. Bisa menurunkan resiko berbagai penyakit seperti parkinson, diabetes, dan kanker.

Namun menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2013, asupan tinggi kopi sekitar lima sampai enam cangkir per hari dapat meningkatkan penyimpanan lemak dalam sel-sel di sekitar perut dan hati.

Ini berarti minum kopi lima kali atau lebih dapat menyebabkan kondisi berbahaya dari kenaikan berat badan, seperti dilansir laman Dailymail.

Vance Matthews, seorang ilmuwan di Institute Australia Barat untuk penelitian medis, menyalahkan senyawa yang ditemukan dalam kopi yang disebut asam chlorogenic, menguntungkan lingkar pinggang dalam dosis kecil. Namun, bila sebaliknya terjadi atau terlalu banyak dosis dapat membuat metabolisme menjadi berlebih.

“Kenaikan berat badan mungkin relatif kecil, karena hanya beberapa kilo selama beberapa tahun, tapi terkonsentrasi di sekitar pinggang kita. Jenis lemak dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan diabetes,” kata Dr. Matthews.

Tingginya kadar minum kopi juga muncul untuk membuat tubuh resisten terhadap insulin, yang merupakan tanda bahaya klasik diabetes tipe 2.

Penelitian ini hanya melihat tikus, tetapi dalam laporan di Journal of Caffein Research memperingatkan kafein dapat meningkatkan resistensi insulin pada orang dewasa.