Benarkah Soft Drink Pemicu Kanker..??

imagesSelaluBaruNet – soft drink merupakan minuman dingin yang sangat menyegarkan sehingga menjadi favorit bagi semua orang. Tapi tahukah anda bahwa sering mengkonsumsi soft drink bisa memicu kanker..?
Sebuah penelitian yang dilakukan pada lebih dari 60.000 orang di Singapura mengatakan bahwa orang yang minum soft drink lebih dari sekali dalam seminggu bisa mengakibatkan kanker terutama kanker pankreas.

“Tingkat gula yang tinggi dalam soft drink dapat meningkatkan insulin dalam tubuh, yang memiliki peran dalam menimbulkan pertumbuhan sel kanker pankreas,” kata Pereira dalam sebuah pernyataan. Insulin, yang membantu tubuh memproduksi gula, justru dibuat dalam pankreas.

Dalam tulisan yang tertuang di jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention, Pereira dan rekannya berkata dia mengikuti 60.524 orang pria dan wanita di Singapura Chinese Health Study selama 14 tahun. Selama itu, kanker pankreas berkembang dalam diri 140 relawan. Mereka yang minum soft drink dua kali atau lebih dalam seminggu memiliki resiko terkena kanker pankreas 87 persen lebih tinggi.

Ketua Penelitian Mark Pereira dari University of Minnesota mengatakan gula jadi biang keladi. Namun, orang yang minum soda berpemanis secara teratur sering memiliki kebiasaan lain yang berakibat buruk pada kesehatan.

Menurut peneliti tersebut, tingginya kadar gula dalam soft drink dapat meningkatkan insulin dalam tubuh yang memacu pertumbuhan sel kanker pankreas. Insulin merupakan pemacu produksi gula yang dibuat dalam pankreas.