BentukTubuh dan Jenis Olahraga yang Cocok

bentuk tubuhSelaluBaruNet – Setiap orang dilahirkan dengan tipe dan bentuk tubuh tertentu. Hal ini karena bentuk tubuh dipengaruhi oleh faktor genetik yang diturunkan dari orang tua. Beberapa orang kadang tidak mendapatkan hasil yang baik meski melakukan olahraga secara rutin, hal ini karena olahraga yang dilakukan tidak pas untuk bentuk tubuh yang dimiliki.

Bentuk tubuh berbeda menandakan adanya jumlah dan pola distribusi sel-sel lemak yang berbeda. Ada empat jenis bentuk tubuh, yaitu seperti buah pir, apel, huruf V, dan jam pasir.  Anda termasuk jenis tubuh yang mana?

  1. Jam Pasir

Bentuk tubuh ini cenderung lebih besar di bagian atas dan bawah tubuh, tapi lebih ramping di pinggang. Bahu dan pinggul hampir sama lebar dengan pinggang kecil dan perut rata. Olahraga yang dilakukan harus rutin dan terfokus pada semua daerah, seperti latihan kardio, sepeda statis, jogging, dan latihan kekuatan juga beban.

  1. Apel

Orang dengan bentuk tubuh ini memiliki bagian tengah (dada dan perut) yang lebih besar dengan bentuk lengan dan kaki yang lebih kecil, serta penumpukan lemak di pinggang. Olahraga yang dipilih: sebaiknya melakukan aerobik untuk membentuk tubuh langsing dan menurunkan lemak tubuh. Sedangkan latihan yang bisa dilakukan untuk tubuh bagian bawah adalah pilates dan berjongkok.

  1. Pir

Orang dengan bentuk tubuh seperti pir memiliki tubuh bagian atas yang lebih kecil dengan bagian pinggul dan paha yang besar. Tubuh seperti ini menyimpan lemak lebih banyak di bagian pinggul, bokong dan paha. Olahraga yang dilakukan lebih menekankan pada daerah dengan lebih banyak sel-sel lemak. Olahraga tubuh bagian bawah bisa dengan bersepeda, latihan jongkok dan menekuk lutut, sedangkan untuk membangun dada dan punggung bisa dengan push up dan menekan bahu.

  1. Huruf V

Bentuk tubuh ini seperti huruf V atau dikenal juga dengan segitiga (kerucut), bentuknya lebar di bagian atas dan lebih kecil di bagian bawah. Olahraga yang sebaiknya dilakukan juga turut menyertakan bagian bawah tubuh seperti berjongkok, menekuk lutut serta memberi penekanan pada kaki. Serta lakukan juga latihan cardio untuk mengecilkan pinggang dan membakar lemak.

Sumber:hidupseimbangku.com