Berbagai Cara Pengolahan Kedelai

kedelaiSelaluBaruNet – Kacang Kedelai adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak mengandung protein lebih tinggai, dibanding kacang-kacangan lain. Kedelai ini terdiri dari dua jenis, yaitu kedelai yang berwarna agak kuning dan kedelai yang berwarna hitam. Berikut Ini berbagai cara mengolah kedelai:

Tempe
Olahan kedelai ini salah satu yang populer di Indonesia. Tempe diolah secara fermentasi melalui dua tahapan, yaitu pemasakan dan dilanjutkan dengan fermentasi. Ragi yang digunakan dalam membuat tempe merupakan jenis kapang atau jamur (Rhizopus sp.) yang bisa membentuk benang-benang halus. Tempe yang berkualitas baik adalah tempe yang bersih, padat, dan terlihat sedikit jamur di antara biji kedelainya.

Tahu
Sama seperti tempe, tahu juga banyak digemari masyarakat Indonesia. Dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya, kemudian diendapkan dengan diberi bahan penggumpal. Tahu merupakan makanan asli Cina yang dikenal dengan nama doufu. Di Indonesia terdapat beberapa jenis tahu, diantaranya tahu kuning, tahu putih, tahu susu, dan tahu sumedang.

Tauco
Tauco adalah produk kedelai berbentuk pasta yang berwarna kekuning-kuningan, rasanya agak asin, dibuat dengan cara fermentasi. Karena rasa dan baunya yang tajam, tauco berfungsi sebagai penyedap masakan. Tauco dapat disimpan lama karena kadar garamnya cukup tinggi. Jenis tauco ada dua macam yaitu bentuk kering dan bentuk basah, sedangkan dari rasanya dibedakan atas yang asin dan yang manis. Perbedaannya terletak dari jumlah air dan banyaknya gula yang ditambahkan.

Susu Kedelai
Olahan kedelai selanjutnya berupa minuman yang disebut susu kedelai. Minuman ini dibuat dari kedelai rebus, kemudian dihaluskan dengan blender sambil dicampur dengan air, lalu  disaring dan airnya dimasak bersama gula pasir, daun pandan, atau jahe untuk menghilangkan bau langunya. Susu kedelai sering dijadikan alternatif penganti susu sapi bagi seseorang yang alergi terhadap susu sapi.

Kembang Tahu
Kembang tahu adalah olahan kedelai yang dihasilkan dari pemanasan susu kedelai pada temperatur 80-90� C. Karena mengapung-apung di permukaan susu kedelai, maka disebut sebagai kembang tahu. Makanan ini terdiri dari tiga jenis, yaitu kembang tahu basah, kembang tahu setengah basah dan kembang tahu kering. Kembang tahu basah berwarna putih seperti tahu dan bertekstur sangat lembut, biasanya disantap dengan kuah wedang jahe. Sedangkan kembang tahu kering berwarna kecoklatan, dimasak untuk campuran sup atau ayam gulung.

Tepung Kedelai
Tepung kedelai merupakan produk kedelai yang belum banyak digunakan di Indonesia. Kandungan isoflavon dalam tepung kedelai lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahu atau tempe. Tepung kedelai dibuat dengan cara menggiling kedelai yang telah direndam dan dikeringkan. Tepung ini dapat diolah menjadi berbagai jenis kue.