Berjaga-Jagalah Dan Berdoalah

doaSelaluBaruNet – Dan Ia membawa Petrus dan kedua anak Zebedeus serta-Nya. Maka mulailah Ia merasa sedih dan gentar, lalu kata-Nya kepada mereka: “Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya.

Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku.”  Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.” Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: “Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku? Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.” Matius 26:37-41

Ketika Yesus mau disalib IA sangat ketakutan dan berkata supaya jikalau boleh cawan ini lalu dari diri-Nya tapi bukan kehendak-Nya tapi kehendak Bapa di Sorga. Setelah kembali dari berdoa IA mendapati murid-muridnya sedang tertidur, dan berkata pada mereka agar selalu berdoa dan berjaga-jaga supaya tidak jatuh dalam pencobaan karena roh penurut tapi daging lemah. Seorang anak Tuhan mantan pengikut setan menceritakan kesaksiannya diamana sejak dari kandungan orang tuanya telah mempersembahakan bayi mereka kepada lucifer. Setelah anak ini lahir dan besar maka keluarga ini menyerahkan anak mereka pada dukun untuk dididik dalam ilmu sihir dengan satu tugas  yaitu  menghancurkan anak-anak Tuhan, dan banyak pendeta. Hal ini membuat dia banyak membunuh banyak orang dengan cara sihir. Suatu hari ketika anak muda tersebut datang ke sebuah gereja yang suka berdoa, tiba-tiba roh anak muda ini menyerang pendeta yang sedang memimpin doa, tapi dia terlempar dan ketika mereka terus berdoa akhirnya dia dilepaskan kemudian menjadi hamba Tuhan. berjaga-jaga dalam doa sangat penting untuk melepaskan kita dari tipu daya iblis.

Efesus 6:10-11 berkata, Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. Setelah bertobat Anak muda ini kemudian membongkar cara kerja iblis untuk menghancurkan anak Tuhan. ia berkata bahwa di alam roh ada penguasa di udara yang terus menghalangi doa-doa kita, mereka membuat langit bagaikan tembaga sehingga jika kita tidak fokus dalam doa-doa maka doa kita tidak bisa menembus ke sorga. Sebab itu kita dituntut doa yang fokus dengan memakai selengkap senjata Allah yaitu Firman Allah supaya kuasa Tuhan bekerja, dan tembaga itu bisa jebol dan akhirnya kita bisa menerima jawaban doa. Makanya Tuhan berkata supaya kita tetap berdoa dan berjaga-jaga.

Sebagai anak Tuhan kita juga disuruh memakai ketopong atau pelindung yaitu Firman Allah untuk melindungi kita dari serangan iblis. Karena iblis selalu mencari kelemahan kita terutama pikiran  dimana dia berusaha menembak kita dengan pikiran-pikiran negatif sehingga kita tidak bisa fokus. Ketika kita sudah tidak fokus lagi saat berdoa maka kita juga tidak bisa menerima jawaban doa karena sudah dihalangi oleh iblis. Seekor beruang yang dikrangkeng ketika dilepas akan bertingkah seperti ketika masih berada dalam krangkeng dengan  maju dan mundur hanya beberapa langkah hal ini terjadi karena pikirannya dipenjara. Begiutpun dengan kita, seringkali kita berkata kanapa hidup kita tidak bisa maju, tidak bisa jadi orang sukses  dan lain sebaginya? karena pikiran kita telah dipenjara oleh situasi atau kejadian yang membuat kita bahwa berkta tidak mampu, tidak bisa berhasil dll padahal kuasa Tuhan ingin membebaskan kita. Jika kita tidak mengenakan kuasa Tuhan maka pikiran kita ini akan terus terpenjara oleh iblis, tapi jika mengerti firman Tuhan maka Tuhan memberi kelepasan pada kita.          

Wahyu 3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku. Jika kita memberikan hidup kita pda Yesus sepenuhnya maka Yesuslah yang menjaga hati dan pikiran kita, jika ada Yesus dalam hati kita maka Yesuslah yang menjaga semuanya. Jika ada Yesus di hati kita maka kita pasti punya jalan keluar, jika Yesus ada di hati kita maka kita pasti diselamatkan bukan mudh-mudahan, jika Yesus ada di hati kita maka kita akan diberkati dengan berklimpahan karena Yesus adalah warisan kita. Apapun masalah kita Yesus segala-galanya. Jika Yesus di hati kita maka rumah tangga kitapun pasti diberkati. Yesus memerintahkan kita supaya tetap berdoa dan berjaga-jaga supaya iblis tidak mengambil kesempatan untuk menghancurkan hidup kita. Tetap maju dalam Tuhan.

 Oleh Pdt Nainggolan di Bethany TOC Surabaya