Biasakan Makan Tepat Waktu & Teratur

manfaat sarapanSelaluBaruNet – Kesibukan di kota-kota besar membuat jadwal makan kebanyakan orang terabaikan sehingga banyak yang mengalami kondisi yang tidak fit. Padahal, membiasakan makan tepat waktu sesuai jadwal sangat baik bagi tubuh.

Salah satu manfaat dari makan tiga kali sehari adalah Anda akan dapat menjaga insulin dan kadar gula dalam darah. Selain itu, makan tepat waktu tiga kali sehari juga dapat mengajarkan Anda untuk mengontrol rasa lapar lebih baik, yang juga memicu kontrol mental yang lebih baik pula.
“Jadwal makan kita harus teratur. Yang baik janganlah memulai makan setelah Anda benar-benar lapar. Atur waktu makan Anda seperti makan pagi berkisar jam 06.00-08.00, makan siang jam 12.00-13.00. Dan makan malam jangan di atas jam 20.00,” dengan makan yang teratur, maka tubuh Anda akan sehat dan bugar.

“Seluruh tubuh membutuhkan zat-zat gizi yang lengkap, sehingga tubuh Anda sehat. Sehat yaitu tubuh baik sehingga tidak mudah sakit. Sedangkan bugar adalah Anda tidak merasakan keletihan dalam melakukan aktivitas dalam sehari,” jelasnya.

Untuk orang-orang yang terbiasa mengonsumsi makanan tiga kali sehari, mereka akan dapat membantu memertahankan energi dan kadar gula. Saat Anda makan dalam waktu tiga kali sehari, Anda akan dapat mengontrol asupan makanan, dan memilih makanan yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan menghindarkan ngemil terlalu banyak yang pada akhirnya hanya akan menimbun lemak.

Di antara jam makan utama, tubuh juga masih bisa mengonsumsi selingan. Tetapi kita harus memilih selingan yang sehat seperti buah, agar-agar, kacang rebus, atau kacang panggang. Dan yang perlu diingat adalah, jangan membiasakan diri terlambat makan atau makan tidak teratur.

Bila makan dengan teratur tubuh memiliki metabolisme yang lebih baik daripada makan yang tidak teratur. Dengan metabolisme yang baik, akan dapat mengontrol berat badan Anda. Jadi, keliru bila ingin menurunkan berat badan melewati jam makan.