Cara Hadapi Suami “Si Anak Mama”

anak mama SelaluBaruNet – Semua wanita yang sudah berkeluarga pasti memiliki impian untuk tinggal sendiri terpisah dari kedua keluarga baik dari keluarga wanita maupun pria supaya tidak ada cekcok antara wanita dan mertuanya. Tapi yang sering terjadi ternyata pria adalah anak mama sehingga setiap  keputusan keluarga ditangan mamanya. Gimana jadinya ya..?

Jika Anda menikah dengan seorang anak mama, maka berhati-hatilah karena dalam hal-hal tertentu Anda akan melihat adanya “cinta segitiga” antara Anda, suami dan ibu mertua. Namun, apa mau dikata kalau sudah cinta dengan si anak mama, Anda bisa kok mengurangi sedikit sifat manjanya terhadap sang ibu.

1. Berada di sisi yang sama
Agar ibu mertua tak serta merta mengganggu rencana yang sudah Anda buat, pastikan Anda dan dia berada di sisi yang sama. Sehingga saat ibu mertua tak setuju dengan rencana Anda, Anda bisa mendukung dan membujuknya untuk mempertahankan rencana ini.

Jika ia merasa bimbang dan lebih memilih ibunya, biarkan ia tahu bahwa Anda tak senang dengan hal ini (khususnya jika ini sudah terjadi berulang-ulang dan dengan alasan yang tak masuk akal). Biarkan ia tahu bahwa Anda juga punya batas toleransi.

2. Sebuah pengorbanan kecil akan membuat pernikahan Anda jadi indah
Dalam setiap fase kehidupan pernikahan pasti membutuhkan pengorbanan. Tak ada salahnya melakukan sebuah pengorbanan kecil (walaupun Anda tak menyukainya), untuk membuat pernikahan Anda berbuah manis. Luangkan waktu untuk mengunjungi keluarga lain dan habiskan waktu bersama. Anda juga bisa mengatur waktu makan malam dengan ibu mertua. Selain bisa membuat suami Anda senang, bisa saja justru Anda jadi akrab dengan ibu mertua dan memahami pemikirannya lebih dalam.

3. Diam adalah emas
Ungkapan ini nampaknya tepat bagi Anda yang bersuamikan anak mama. Memang sulit untuk memenuhi semua permintaan dan jalan pikiran ibu mertua. Sesekali Anda pasti kesal dan ingin marah karena sifat ibu mertua. Namun ini tak berarti bahwa Anda harus menjelek-jelekan ibu mertua Anda di depan suami. Hal ini bisa-bisa membuat Anda dan si dia justru bertengkar hebat.

4. Jangan cepat terbakar emosi
Jika ibu mertua sering mengejek, membuat komentar yang tidak enak didengar tentang penampilan Anda, jangan buru-buru emosi. Mengesalkan memang, tapi dia adalah orangtua dari orang yang Anda cintai. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan tersenyum kepadanya lalu menghindar dari tempat itu. Ini akan menyelamatkan situasi Anda sementara.

5. Menghargai sarannya
Sebagai orangtua, ada kalanya ia ingin memberikan saran-saran untuk kehidupan rumah tangga Anda. Namun tak menutup kemungkinan kalau ibu mertua menawarkan nasihat yang tidak penting namun hanya ingin diakui sarannya. Langkah selanjutnya adalah untuk memperjelas apa yang ingin Anda lakukan, dan ucapkan terima kasih atas saran yang sudah diberikannya.