Cara Hindari Serangan Jantung di Usia Muda

jantungSelaluNaruNet – Serangan jantung termasuk salah satu penyakit yang ditakuti manusia, karena bisa mengakibatkan kematian mendadak tanpa ada tanda-tanda yang jelas. Bahkan bagi olahragawan sekalipun. Berikut ini adalah cara menghindari atau mengurangi serangan jantung diusia muda.

Sebuah penelitian di Amerika, mengatakan bahwa tiga dari empat serangan jantung pada wanita berumur 30-40 tahun, diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat yang dimulai dari usia 20-an.

1. Hentikan merokok. Merokok sendiri merupakan kebiasaan yang tidak sehat, para dokter setuju dengan hal tersebut. Dan merokok juga meningkatkan risiko seragan jantung.

2. Jangan makan minyak jenuh lebih dari 20 gram setuap hari, dan gunakan minyak trans sesedikit mungkin. Lemak jenuh dan lemak trans akan menyebabkan radang arteri. Cinnamon roll (roti kayu manis) memiliki 7 gram lemak jenuh. Minyak trans (misalnya dalam mentega atau margarin), sering ditemukan dalam makanan yang diproses atau dipanggang dalam oven.

3. Aktivitas fisik 150 menit. Bagi merka yang bekerja di kantor, cenderung kurang terhadap aktivitas fisiknya. Jadi mulailai hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik minimal 150 menit setiap minggunya.

4. Hindari Stres. Stres memang sangat sulit dihindari jika hidup di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Maka, sangat baik bila Anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah.

5. Hindari minuman keras. Wanita sangat rentan terhadap perubahan hormonaldalam tubuhnya, apalagi diakibatkan oleh alkohol. Jadi lebih baik menghindari minuman yang beralkohol, jika Anda ingin hidup lebih lama lagi.

6. Pola makan. Dan yang terpenting dari itu semua adalah untuk menghindari mengonsumsi lemak dalam jumlah banyak, tertama dalam gorengan dan makanan cepat saji lainnya. Mulailah mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur segar, agar tubuh Anda tetap sehat setiap hari.