Cara Jitu Mencegah Bau Mulut

mulutSelaluBaruNet – Mulut adalah salah satu bagian penting dari pancaindra manusia, jika mulut bermasalah apalagi berbau maka bukan hanya berdampak bagi diri sendiri tapi juga bagi orang-orang yang berdekatan dengan kita bahkan lawan bicara kita. Akhirnya akan membuat kita menjadi minder atau tidak percaya diri.

Bau mulut dapat disebabkan oleh penyakit sistemik pada liver, lambung, saluran pernafasan serta ginjal akut. Sementara penyakit gigi dan mulut adalah penyebab nafas tidak segar, yaitu akibat dari gigi berlubang, radang gusi, gingivitis karena karang gigi, dan periodontitis.

Bau mulut yang terjadi setiap kali membuka percakapan tentu menjadi kendala ketika bercakap-cakap atau bergaul dengan teman-teman di kantor.

Berikut Adalah Tips Mencegah Bau Mulut:

 Makan makanan yang sehat dan sedikit keras ketika sarapan. Karena makanan yang agak keras dapat membantu membersihkan bagian lidah paling belakang.

 Gosoklah gigi setiap minimal 2 kali sehari sehabis makan dan sebelum tidur secara benar. Tidak hanya gigi, lidahpun harus senantiasa dibersihkan dengan teratur.

 Rutinlah memeriksakan ke dokter gigi yaitu minimal 6 bulan sekali, dapat juga dilakukan spa gigi dua kali dalam sebulan, agar selalu terjaga kesehatan gigi.

 Berkumurlah dengan obat kumur sebelum tidur. Hal ini bisa mengurangi halitosis selama berjam-jam.

 Agar gigi sehat dan selalu putih, hindari rokok dan alkohol, yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis, sementara alkohol mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut.

 Perbanyak makan buah-buahan sebagai pengusir bau mulut, contohnya apel, bengkuang dan wortel.

 Untuk menguatkan gigi, makanlah selalu keju rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan mengandung fosfat, karena dapat memperkuat email gigi, meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.

 Untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh, ada baiknya untuk selalu mengkonsumsi air putih minimal satu liter atau delapan gelas perhari.