Cara Kembali Langsing Setelah Makan Banyak

diet 1SelaluBaruNet – Pernah tergiur dengan sajian makanan di tengah-tengah pesta sehingga “terpaksa” makan banyak? Kemudian mungkin kita berpikir, bisakah makan banyak tapi tidak mengakibatkan penambahan berat badan? Jawabannya tentu saja bisa, asalkan kita mau melakukan beberapa usaha ekstra. Inilah lima cara untuk mencegah kenaikan berat badan setelah makan banyak.

1. Langsung kembali ke pola makan sehat

Setelah menyadari “kesalahan” yang kita lakukan, jangan tunda untuk segera kembali ke pola makan sehat. Upayakan untuk kembali makan dalam porsi kecil namun sering untuk menjaga gula darah tetap stabil. Pola makan seperti itu juga dapat memberikan cukup energi sehingga mencegah untuk makan berlebihan.

2. Makan banyak serat
Serat dapat membantu membuang sisa-sisa makanan dalam sistem pencernaan dengan memperlancar proses pembuangan. Maka selalu masukan makanan kaya serat ke dalam menu makan. Penyajian makanan pun perlu diperhatikan untuk tidak mengurangi kandungan seratnya. Misalnya, buah mengandung lebih banyak serat saat dimakan utuh daripada dibuat jus.

3. Minum banyak air
Air dapat membantu menetralkan garam dari makanan yang telah dimakan serta mengeluarkannya dari sistem tubuh. Saat makan banyak kemungkinan besar kita juga makan makanan yang mengandung banyak garam.

4. Menyantap makanan “anti-kembung”

Setelah makan banyak, mungkin kita akan merasakan kembung, maka kita perlu makanan yang dapat menetralkannya. Ketimun, seledri, melon, dan asparagus merupakan diuretik rendah kalori yang membantu mengurangi kembung.

5. Olahraga

Menurut Calori Control Council, untuk mengurangi sekitar setengah kilogram, kita butuh membakar 3.500 kalori lebih banyak daripada yang sudah dikonsumsi. Olahraga dapat mempercepat metabolisme sehingga dapat membantu kita dalam membakar lebih banyak kalori daripada tidak. Maka sehabis makan banyak, kita perlu menambah porsi latihan kita lebih dari biasanya.

sumber:kompas.com