Cara Membedakan Produk Cokelat Asli

coklat okSelaluBaruNet – Cokelat merupakan makanan vavorit bagi semua orang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Bagi pencinta cokelat sudah tentu akan memilih cokelat baik dan sehat. Tetapi tahukah Anda bahwa tidak semua cokelat yang beredar di pasaran terbuat dari cokelat asli?

Menurut Chef Lous Tanuhadi, ada dua jenis cokelat yang ada di pasaran, yakni yang terbuat dari minyak cokelat dan yang terbuat dari minyak nabati.

“Kalau mau menikmati aroma dan rasa cokelat yang sebenarnya,  pilihlah yang terbuat dari minyak cokelat atau cocoa butter,” ujar Louis, dalam coaching class yang digelar Silverqueen, di Metropolitan Theatre KidZania Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Louis yang juga dikenal sebagai coklatir ini menjelaskan, cokelat yang terbuat dari cocoa asli pada umumnya lebih gampang lumer di mulut. “Ini karena melting point di angka 34 atau di bawah suhu tubuh. Sementara produk yang berbahan minyak nabati atau lemak compound, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk larut di mulut,” paparnya.

Selain rasanya yang lebih enak, cokelat dengan cocoa butter menurut Louis lebih sehat karena tidak akan menjadi lemak jenuh di tubuh. Produk cokelat yang kandungan kokoa-nya lebih banyak juga sebenarnya tidak membuat jerawatan atau membuat gemuk, seperti mitos yang selama ini dipercaya banyak orang.

“Sebenarnya yang salah adalah konsumsi cokelat yang berlebihan dan kandungan gula dalam cokelat yang memberikan rasa manis,” katanya.

Penelitian yang menyebutkan manfaat sehat cokelat juga sebenarnya adalah karena kandungan cokelat hitam. Karena itu jika ingin mendapatkan efek menyehatkan dari cokelat lebih disarankan memilih cokelat hitam asli.

Lalu bagaimana menentukan apakah suatu produk merupakan cokelat asli dan tidak? Menurut Louis secara kasat mata memang sulit membedakannya. Tapi kita bisa melihat dari bahan-bahan yang digunakan seperti yang tertulis dalam kemasan.

Jika mau dites lebih jauh, cokelat asli yang dilumerkan tidak akan membeku jika didiamkan dalam durasi yang lama. Berbeda dengan cokelat yang terbuat dari minyak nabati, akan segera membeku dengan sendirinya. Selain itu, cokelat yang terbuat dari minyak nabati juga mudah berbau apek.

Louis menambahkan, untuk benar-benar mau menikmati cokelat baik dari rasa maupun aroma maka pilihannya adalah yang terbuat dari minyak cokelat.