Cara Mengetahui Wanita Sedang Dalam Masa Subur

masa suburSelaluBaruNet РMasa subur sangat penting bagi seorang wanita yang ingin memiliki momongan.  Saat saat tersebut dimana sel telur dilepaskan dari ovarium. Pada saat ini telur sudah dalam keadaan matang dan menunggu dibuahi oleh sperma.
Untuk memudahkan Anda mengetahui ciri-ciri wanita (istri) sedang dalam masa subur, berikut ciri-ciri nya:

  • Peningkatan Suhu Tubuh.

Masa subur wanita dengan siklus haid normal adalah hari ke 12 hingga hari ke 16 sejak haid pertama. Selain dengan hitungan kalender, masa subur wanita dapat diketahui dengan adanya peningkatan suhu tubuh. Peningkatan ini biasa terjadi bukan karena wanita sedang sakit, tetapi dalam keadaan badan sehat. Anda dapat mengetahui peningkatan suhu tubuh dengan meletakkan thermometer dibawah ketiak Anda setiap pagi saat bangun tidur. Peningkatan suhu tubuh biasanya terjadi sekitar 0.2 derajat Celcius setiap hari selama 10 hari berturut-turut.

  • Bergairah Tinggi.

Saat pasangan melakukan hubungan intim di masa subur, wanita akan terlihat lebih bergairah dari biasanya. Hal ini wajar saja karena gairah sedang meningkat berarti keinginan untuk melakukan hubungan badan juga meningkat.

  • Cairan Serviks Mengalami Perubahan.

Pada umumnya wanita yang sedang dalam masa subur mempunyai cairan serviks yang mirip dengan putih telur, yaitu cairan serviks cair, kenyal, dan lebih jernih dari biasanya.

Sedangkan dalam kondisi tidak subur, bentuk cairan serviks kelihatan lebih kental, dan terkadang tidak keluar sama sekali.

  • Payudara menjadi lunak.

Wanita yang sedang dalam masa subur memiliki banyak hormon yang sedang berkumpul dan kondisi ini hampir sama dengan kondisi saat hamil, sehingga payudara akan terasa lebih lunak dari biasanya.

  • Adanya perubahan posisi serviks.

Saat sedang mengalami ovulasi (masa subur), posisi serviks dapat dijangkau dengan jari. Sedangkan pada saat tidak ovulasi, posisi serviks akan jauh lebih ke atas, sehingga tidak dapat disentuh. Untuk membuktikan hal ini, Anda dapat memasukkan jari Anda secara lurus ke dalam Miss V. Jika Anda sedang dalam masa subur, Anda akan dapat menyentuh bagian ujung serviks, dan rasanya seperti bagian ujung hidung.

  • Munculnya Flek.

Saat Anda sedang dalam masa subur, biasanya Anda akan meninggalkan bercak-bercak darah yang tertinggal di celana dalam. Amati saat ini terjadi dan ini dapat merupakan salah satu tanda bahwa Anda sedang dalam masa subur.

  • Perut menjadi berasa kembung.

Anda mungkin pernah merasakan celana Anda berasa sempit walaupun Anda tidak berada dalam kondisi kekenyangan, hal ini merupakan salah satu tanda bahwa Anda dalam kondisi masa subur karena tubuh Anda menyimpan air banyak dalam masa subur.

  • Menghitung Masa Subur.

Cara menghitung masa subur telah kami uraikan di artikel sebelumnya. Setelah Anda mengetahui kapan masa subur Anda, Anda dapat merencanakan hubungan intim di sekitar masa itu.

  • Menggunakan Alat Test Ovulasi

Alat test Ovulasi dapat membantu Anda dengan keakuratan 98% untuk memastikan apakah Anda dalam masa subur atau masa tidak subur, namun harga nya memang cukup mahal. Tetapi jika Anda meninginkan kehamilan dalam waktu dekat, ada baiknya Anda berinvestasi menggunakan alat ini demi mendapatkan buah hati Anda.