Cara Menghindari Kanker Serviks

serviksSelaluBaruNet – ketika mendengar tentang kanker serviks pemikiran kita pasti berujung maut, karena sebagian besar mengalami kematian dan hanya sebagian kecil saja yang alami kesembuan.  Kanker serviks merupakan kanker yang berkembang dalam leher rahim wanita yang disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV). Ini adalah cara hindari kanker serviks:

Penyebab

Penyebab utama kanker serviks menular melalui hubungan seksual. Faktor lainnya yaitu sering berganti pasangan, terlalu sering melahirkan, melahirkan terlalu muda (sebelum 17 tahun), berhubungan seks terlalu muda (sebelum 16 tahun), merokok, sistem kekebalan tubuh rendah, stress dan depresi, ketidakseimbangan hormon, penggunaan alat KB yang berlebihan, kurang nutrisi dan vitamin, serta kurang menjaga kebersihan kelamin.

Gejala

Awalnya gejala kanker serviks memang tidak menunjukkan gejala tertentu, namun pada stadium tertentu ada banyak kasus yang dijadikan indikasi gejala kanker serviks.

Pendarahan tak normal pada bagian vagina. Dalam sebulan, pendarahan bisa jadi parah atau hanya sedikit.

Keputihan parah. Beberapa bisa mengalami keputihan yang berbau tak sedap, tebal, atau sangat berlendir.

Nyeri panggul. Hal yang normal jika mengalami nyeri panggul saat menstruasi, namun harus waspada jika nyeri panggul terjadi di saat-saat lainnya apalagi sampai berjam-jam. Rasa sakit bisa berupa nyeri yang tajam, ringan, atau sangat parah.

Nyeri saat buang air kecil, hal ini dirasakan penderita kanker serviks stadium lanjut, karena kanker serviks telah menyebar ke kandung kemih.

Pengobatan

Pada gejala awal, bisa dilakukan terapi biopsy dan memiliki kesempatan besar untuk sembuh. Pengobatan lainnya yaitu operasi pengangkatan rahim apabila kanker sudah terlalu banyak menyebar. Pengobatan lain seperti terapi radiasi dan kemoterapi juga harus tetap dilakukan untuk mencegah kembalinya tumor dan kanker serviks.

Setelah tahu apa itu kanker serviks, marilah kita ubah kebiasaan buruk kita yang selama ini dilakukan agar terhindar dari penyakit ini. Ada beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan, yaitu :

Lihat Penyebab Kanker Serviks dan Hindari Hal Tersebut

Beberapa penyebab kanker serviks antara lain yaitu suka berganti pasangan, menikah terlalu muda, tidak menjaga kebersihan vagina dan lain sebagainya. Karena itu, hindari hal-hal tersebut dan hiduplah sehat.

Rokok

Kebiasaan merokok bisa meningkatkan resiko kanker serviks hingga dua sampai lima kali lipat, karena menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh.

Diet

Mengkonsumsi terlalu sedikit buah dan sayur bisa juga menjadi penyebabnya. Wanita dengan kelebihan berat badan juga rentan terkena kanker serviks.

Pil KB

Mengkonsumsi pil KB dalam jangka waktu lama mampu meningkatkan resiko kanker serviks. Penelitian menunjukkan resiko kanker serviks meningkat dua kali lipat pada wanita yang mengkonsumsi pil KB lebih dari lima tahun.

Mulailah giatkan hidup sehat dan aman. Hubungan intim hanya dengan suami / istri dan bukan saat pacaran, tidak merokok, menjaga kebersihan vagina, banyak makan sayur dan buah, tentu semuanya akan membuat tubuh sehat dan kuat.