Cara Menyiasati Lingkaran Hitam dan Kantung Mata

lingkaran hitamSelaluBaruNet – Setiap wanita pasti ingin memilki penampilan yang bersih dan meanrik. Tapi bagaimana jika anda memilki lingkaran hitam atau kantung di bawah mata? Sudah pasti menghilangkan rasa percaya diri dengan penampilan anda. Berikut cara cara menyiasati lingkaran hitam dan kantung mata agar terlihat cantik:

Tindakan cepat
Teknik riasan bisa digunakan untuk menyamarkan lingkaran hitam dan kantung mata. Gunakan

concealer berbahan dasar krim dengan warna yang lebih terang dua tingkat dari kulit wajah atau dua tingkat lebih terang dari warna foundation yang biasa Anda gunakan.

Setelah mengaplikasikan concealer dan bedak bubuk, gunakan teknik riasan berikut ini untuk lebih menyamarkan lingkaran hitam:
– Aplikasikan eyeliner hanya pada bagian atas mata. Jangan mengaplikasikan pada bagian bawah mata karena hal ini justru  membuat mata terlihat berat dan tentu saja memperjelas penampilan lingkaran hitam. Sebaliknya mengaplikasikan eyeliner hanya pada bagian atas justru memberi ilusi mata yang lebih besar sehingga mengurangi fokus perhatian pada kantung mata atau lingkaran hitam. Pilih eyeliner yang water resistant agar tidak mengotori bagian mata sekitar dan malah memberi kesan lebih gelap pada mata.
– Berikan maskara untuk memberi efek lebih terbuka.
– Menggunakan blush-on berwarna cerah juga membantu memberikan ilusi kulit mata yang lebih cerah.

Penanganan Klinis
Untuk penanganan kantung mata secara klinis perlu dilakukan tindakan observasi. Dr. Vonny Hadisubrata dari Popon’s Skin Clinic mengatakan bahwa ada empat tingkatan kantung mata. Pada tingkat pertama masih bisa dilakukan penanganan dengan menggunakan krim mata dan merubah gaya hidup lebih sehat. Untuk kondisi kantung mata tingkat kedua bisa dilakukan Radio Frequency atau Pulsed Light. “Treatment menggunakan radio frequency sebenarnya ditujukan untuk skin rejuvenation atau pengencangan kulit non-surgery. Penggunaannya sebenarnya dilakukan pada seluruh kulit wajah yang mengalami pengenduran. Namun dapat membantu mengurangi pembengkakan pada mata yang bersifat lebih permanen atau biasa disebut dengan kantung mata.”

Untuk kantung mata yang lebih tinggi yaitu pada level tiga dan empat, yaitu ketika bentuk kantung mata sudah sangat menonjol dan saat diraba terasa keras, perlu dilakukan tindakan surgical yang lebih serius dan hanya bisa ditangani oleh dokter bedah atau dokter bedah kecantikan. Pada level tersebut kantung mata sudah berisi lemak dan perlu dikeluarkan dengan teknik yang biasa disebut dengan Blepharoplasty.

Perawatan jangka panjang
Lingkaran hitam dan kantung mata yang masih dalam kondisi ringan bisa diatasi dengan penggunaan krim mata yang memiliki kemampuan spesifik untuk merawat kondisi ini. Biasanya krim mata ini mengandung bahan-bahan yang merangsang kolagen dalam kulit, salah satunya adalah retinol. Retinol adalah salah satu bentuk turunan dari Vitamin A yang memiliki kemampuan membantu mempercepat regenerasi sel sehingga mendorong produksi kolagen. Selain retinol, Vitamin C juga memiliki kemampuan untuk membantu mencerahkan kulit. Krim mata dengan kandungan kedua bahan ini bisa membantu mengurangi penampilan lingkaran hitam.