Cokelat Tingkatkan Daya Ingat

cokelatSelaluBaruNet – Khabar gembira bagi anda penggemar cokelat. Ternayata minum dua cangkir cokelat panas sehari  dapat membantu meningkatkan kesehatan dan ketajaman otak. Benarkah  …??

Hal tersebut diungkapkan oleh penelitian dari American Academy of Neurology yang diterbitkan dalam jurnal Neurology. Penelitian yang melibatkan 60 orang dengan usia rata-rata 73 tahun. Mereka diminta untuk minum dua cangkir cokelat panas kaya flavanol antioksidan, setiap hari selama 30 hari. Selama penelitian, mereka diminta untuk tidak mengonsumsi jenis cokelat lainnya.

Kemudian peserta diberi tes memori, kemampuan berpikir dan tes ultrasound untuk mengukur jumlah aliran darah ke otak selama pengujian dilakukan. “Kami belajar lebih banyak tentang aliran darah di otak dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir,” ujar Farzanah A Sorond, MD, PhD, dari Harvard Medical School di Boston dan anggota penelitian American Academy of Neurology.

Sorond melanjutkan bahwa daerah otak membutuhkan lebih banyak energi untuk menyelesaikan tugasnya. Bagian itu juga membutuhkan aliran darah yang lebih besar. Hubungan ini, disebut kopling neurovaskular yang memungkinkan otak memainkan peran penting dalam penyakit pikun atau Alzheimer.

Dari 60 peserta, 18 di antaranya mengalami gangguan aliran darah pada awal penelitian. Kemudian orang-orang tersebut memiliki peningkatan 8,3 persen dalam aliran darah ke area kerja otak di akhir penelitian. Dalam tes memori kerja, mereka juga berpikir dengan lebih cepat.

Dilansir Science Daily, lebih lanjut, para peneliti ini akan membuktikan adanya hubungan antara kandungan kakao pada cokelat dan aliran darah ke otak yang juga diperkirakan mempengaruhi sistem kognisi.