Dampak Buruk Anak Kurang Kasih Sayang Orang Tua

kurang kasih sayangSelaluBaruNet – Perhatian dan kasih sayang orang tua  di masa kanak-kanak akan mempengaruhi kehidupan mereka dimasa mendatang, baik secara emosional dan fisik. Jika anak tidak mendapat kasih sayang yang seharusnya maka itu akan akan mempengaruhi kondisi kesehatan dan kejiwaan mereka hingga dewasa.

Sebuah studi terbaru UCLA untuk pertama kalinya meneliti efek kurangnya kasih sayang orang tua terhadap keseluruhan sistem tubuh. Studi yang dipublikasikan secara online di Proceeding National Academy of Science menemukan pengalaman di awal kehidupan berhubungan erat pada kesehatan fisik. Bahkan bisa mempengaruhi risiko penyakit kardiovaskular.

“Temuan kami menunjukkan bahwa ada cara mengurangi dampak kekerasan yang dialami setidaknya dari segi kesehatan fisik,” kata penulis utama studi Judith E. Carroll seperti dimuat Daily Mail.

Analisis dilakukan terhadap 756 orang dewasa dalam studi Pengembangan risiko koroner pada dewasa muda (CARDIA). Peneliti mengukur 18 tanda risiko kesehatan, seperti tekanan darah, denyut jantung, hormon stres, kolesterol, lingkar pinggang, peradangan, dan gula darah, dan dianalisis berisiko mengalami penyakit fisik. Peserta lalu diminta menilai masa stres semasa kecil.

Peneliti menemukan, hubungan yang signifikan antara kondisi masa kanak-kanak dan risiko kesehatan. Tetapi peserta yang mengaku hidup dalam kehangatan cinta orang tua memiliki risiko penyakit lebih rendah.

“Pengalaman di usia dini berhubungan dengan risiko biologis yang meningkat di hampir semua sistem utama tubuh,” kata Profesor kedokteran Teresa Seeman.

Meskipun berbagai faktor mempengaruhi masa kecil seperti nilai gizi atau pencemaran lingkungan, para penulis mencatat kasih sayang orang tua akan melindungi anak dari efek beracun stres. Efek pelecehan di usia anak juga dihubungkan dengan penyakit usia seperti jantung.

Menurut peneliti, intervensi yang mempengaruhi awal kehidupan anak seperti perawatan, dan cara mendidik anak dengan cinta bisa mempengaruhi kesehatan anak di masa depan