Ekor AirAsia QZ 8501 Akhirnya Berhasil Terangkat

airasia 1SelaluBarunet – Penantian yang melelahkan akhirnya membuahkan hasil. Operasi ini dipimpin langsung oleh panglima TNI Jandral Moeldoko, dan berhasil mengangkat QZ 8501 dari dasar laut ke permukaan laut.

Ekor pesawat airasia ini berhasil diangkut menggunakan kapal Crest Onyx milik SKK Migas pada hari Sabtu 10 Januari 2015. Bagian belakang badan pesawat itu ditarik pelan-pelan menggunakan balon pelampung dan crane yang berada di Kapal Crest Onyx.

Moeldoko yang berada di atas KRI Banda Aceh itu mengatakan, ekor pesawat perlahan mulai muncul ke permukaan laut dengan cara diangkat balon pelampung sekitar pukul 10.00 WIB. Proses evakuasinya sendiri dimulai sejak pukul 06.00 WIB. “Itu sudah mulai kelihatan. Itu kelihatan jelas tulisan AirAsia, karena itu mulai ditarik.

Proses pengangkatan ekor pesawat sempat mengalami kesulitan karena tinggi gelombang yang cukup tinggi, mencapai 4-5 meter. Tampak beberapa anggota TNI yang menggunakan perahu karet mengawal proses penarikan ekor pesawat ke badan Kapal Crest Onyx.

Menurut Moeldoko, ekor pesawat itu nantinya akan ditarik merapat ke badan Kapal Crest Onyx. Hingga saat ini, kapal milik SKK Migas itu masih berusaha menarik ekor pesawat, merapatkannya ke badan kapal. “Penarikannya harus pelan-pelan, arusnya sangat deras, kita khawatirkan putus,” ujarnya.