Industri Fashion Penyumbang Devisa Terbesar Kedua

fashionSelaluBaruNet – Dunia fashion Tanah Air kini tengah menunjukkan perkembangan positifnya. Bahkan, tidak hanya menjadi bukti eksistensi pelakunya saja, melainkan juga mampu menggerakkan ekonomi kreatif masyarakat.

“Ini sektor penting baik di kreatif maupun tenaga kerja,” ujar Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI pada konferensi Indonesia fashion forward Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta Pusat, Senin, 13 Mei 2013.

Maka tak heran jika fashion juga menjadi salah satu penyumbang pendapatan negara. Bahkan, nilai yang dihasilkan sendiri mampu mencapai angka Rp164 triliun.

“Fashion adalah penyumbang kedua terbesar dari industri kreatif dengan nilai Rp164 triliun dan menyerap 3,8 % tenaga kerja di Indonesia,” paparnya.

Oleh karena itu, pemerintah berupaya terus memberi dukungan maksimal terhadap sektor tersebut. Salah satunya melalui program Indonesia Fashion Forward yang merupakan hasil kerja sama dengan Jakarta Fashion Week (JFW), British Council dan Centre for Fashion Enterprise (CFE) untuk membantu para desainer lokal dalam mengembangkan bisnis serta menembus pasar internasional.

“Kita benar-benar sangat berkomitmen dengan industri ini. Bukan hanya soal bujet tapi juga dukungan,” tutupnya.

sumber:okezone.com