Ini Adalah Cara Hindari Kanker

daging panggangSelaluBaruNet – Semua orang pasti suka dengan makanan yang dipanggang, selain enak  juga bisa menghindari minyak.  Tapi tahukah anda bahwa gemar makanan olahan dengan  cara dipanggang ternyata  dapat memicu resiko kanker..??

Suhu panas yang digunakan saat memanggang dapat mengkonversi protein dalam daging merah, unggas, dan ikan menjadi amina heterosiklik (HCA). Bahan kimia yang dikaitkan dengan kanker payudara, lambung, prostat, dan kanker usus bersar.

Menurut Stacy Kennedy, ahli gizi di Dana Farber Cancer Institute, penyebab lain kanker adalah hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) yang ditemukan dalam asap panggangan. Bahan itu terbentuk dari lemak dan bumbu yang menetes ke sumber panas.

Meski demikian, bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh mengolah makanan dengan memanggang. “Jika Anda memanggang dan mengikuti tips keselamatan yang tepat, risiko terkena kanker sangatlah rendah,” katanya seperti dikutip HealthDay. Berikut cara memanggang sehat:

 

– Langkah sehat pertama adalah dengan memilih daging tanpa lemak. Hal tersebut untuk mengurangi tetesan lemak pada sumber panas. Selain lemak, hilangkan juga bagian kulit jika Anda memanggang daging unggas. Trik lain: iris tipis daging untuk mempersingkat waktu memanggang.

– Hindari mengoleskan bumbu secara tebal untuk mengurangi kontaminasi senyawa karsinogen penyebab kanker. Pilih bumbu yang terbuat dari lemon yang akan membentuk lapisan pelindung pada permukaan daging.

– Perhatikan juga penempatan makanan. Pastikan Anda menempatkannya enam inci atau sekitar 15 sentimeter dari sumber panas.