Ini Adalah Jenis Makanan Penyebab Penuan Dini

makananSelaluBaruNet – Setiap manusia tentu ingin terlihat selalu muda, namun tak jarang banyak orang malah mengalami penuaan dini. Sebenarnya tak perlu repot melakukan berbagai perawatan mahal. Sebenarnya cara sederhana agar awet muda adalah menjaga pola makan.

Selain menjalani pola hidup sehat, sebaiknya kamu juga harus menghindari kebiasaan makan dan beberapa asupan yang justru membuat penampilan terlihat lebih tua. Salah satunya menghindari makan pada saat stress, karena tubuh akan menghasilkan hormon Kortisol. Tingginya hormon ini berpengaruh pada sistem cerna hingga nutrisi tidak terserap dengan baik.

Saat stres, selain menganggap makanan adalah penenang pikiran, ada juga orang yang justru melewatkan makan, padahal itu merupakan hal buruk bagi pikiran dan tubuh. Tak hanya itu, tidak minum cukup air juga bisa membuat kulit kering, mengelupas, dan berkerut yang membuat tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Hidrasi yang baik bisa mengangkut nutrisi penting pada kulit untuk mencegah penuaan dan meremajakan kulit. Dilansir dari berbagai sumber berikut beberapa makanan yang harus dihindari agar tak terlihat lebih tua:

1. Terlalu banyak garam

Makanan tinggi garam bisa membuat tubuh dehidrasi dan menyebabkan tekanan darah tinggi bahkan gangguan ginjal. Garam juga bisa membahayakan kepadatan tulang dan kesehatan mental pada orang tua.

2. Lemak trans

Lemak trans tidak ditemukan secara alami dalam makanan melainkan diproduksi sekaligus dimasukkan ke dalam makanan untuk membuat rasa, warna, dan tekstur makanan awet. Lemak ini bisa menimbulkan kolesterol, meningkatkan resistensi insulin, obesitas, dan peradangan. Studi juga menunjukkan bahwa makan daging merah terlalu banyak dan produk susu berlemak bisa membuat otak menua lebih cepat.

3. Makanan olahan

Roti, sereal, kue, dan biskuit adalah salah satu jenis makanan olahan dan mengandung gula putih yang cukup tinggi. Saat terlalu banyak gula masuk ke tubuh, kulit tidak bisa menghasilkan kolagen yang cukup dan menjadi keriput. Tubuh juga tidak mampu memperbaiki dirinya sendiri secara efisien. Terlalu banyak asupan gula juga membuat kamu lebih cepat kehilangan memori, pendengaran, dan penglihatan. Beberapa penelitian juga menunjukkan gula berlebih bisa tingkatkan risiko diabetes tipe 2 dan alzheimer.

 

Sumber:dreamersradio.com