Ini Adalah Manfaat Jalan Kaki 30 Menit

jalan kakiSelaluBaruNet  – Bagi sebagian orang berjalan kaki merupakan hal yang melelahkan. Tapi tahukah anda bahwa jika  aktivitas berjalan kaki dilakukan secara rutin maka tanpa disadari dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit metabolik seperti diabetes melitus (kencing manis), kolesterol tinggi (dislipidemia), hipertensi dan penyakit jantung koroner. Benarkah?

Supaya aktifitas berjalan kaki bisa menjadi efefktif bahkan berguna bagi kesehatan, maka berjalan kaki minimal harus dilakukan selama 30 menit dan dilakukan selama lima kali dalam seminggu.

Alas kaki yang tepat sangat mempengaruhi aktifitas berjalan kaki. Hal ini karena alas kaki berperan dalam membantu mengurangi resiko terjadinya cedera seperti kalus dan lecet serta dapat membantu meredam beban (impact) yang dikenakan pada kaki saat berjalan. Sepatu yang baik untuk berjalan adalah sepatu yang menyediakan support yang baik pada lengkung kaki (arch), bagian tumit yang kuat sehingga dapat menyokong tumit, serta sol yang tebal tetapi fleksibel dan tidak keras.

Berjalan kaki merupakan bentuk aktifitas fisik aerobik yang mudah dilakukan, low impact dan biasanya dianjurkan bagi hampir semua orang. Perlu diingat bahwa aktivitas berjalan kaki tidak harus dilakukan outdoor, aktivitas ini pun dapat dilakukan indoor. Tentunya dalam kondisi yang ideal, berjalan kaki pagi-pagi di taman merupakan impian semua orang.