Ini Adalah Wanita Muda Terkaya di Dunia Berkat IPO Facebook

sherly sSelaluBaruNet – Namanya bukan tidak sebesar mark Zuckerberg, tapi siapa yang menyangka bahwa Sheryl Sandberg yang merupakan teman sekampus Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, saat belajar ilmu ekonomi di Harvard University akhirnya menjadi wanita muda terkaya di dunia?

Dalam bukunya yang berjudul “Lean In”, dia menceritakan secara detail pertemuannya dengan Mark Zuckerberg dan negosiasi yang ia lakukan saat menerima bergabung dengan Facebook dan menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) Facebook.

Dikutip dari laman Forbes, Selasa 4 Februari 2014, sebelumnya dia khawatir menerima jabatan itu, karena takut hasil pekerjaannya nanti justru akan merusak kesepakatan dengan Zuckerberg. Waktu itu, dia sempat menolak untuk bergabung di jejaring sosial yang saat ini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna.

Saat Sandberg baru bergabung, kondisi Facebook sedang ambruk dengan hanya 70 juta pengguna dan kehilangan banyak uang.

Dalam sebuah bab di bukunya yang berjudul “success and likeability” dia menulis “Saya mungkin bisa main keras, tetapi Mark Zuckerberg mungkin saja tidak ingin bekerja sama dengan saya,”.

Kini, setelah 6 tahun bergabung dengan Facebook, Sandberg telah mencapai tonggak lain. COO Facebook itu sekarang telah menjadi miliarder wanita termuda di dunia.

Majalah ekonomi Forbes memperkirakan Sandberg memiliki penambahan kekayaan lebih dari US$1 miliar berkat harga saham Facebook yang melonjak hingga 14,27 persen menjadi US$61,17 per saham pada penutupan perdagangan saham Kamis waktu New York.

Namun, juru bicara Facebook enggan mengkonfirmasi hal itu. Forbes menempatkan ibu dua anak ini ke dalam daftar miliarder perempuan terkaya di dunia, bergabung dengan Spanx Sara Blakely, Tory Burch, dan Oprah Winfrey dimana kekayaan yang mereka dapatkan bukan dari warisan, tetapi dengan usahanya sendiri.

Seperti diketahui, pada daftar miliarder perempuan terkaya di dunia pada 2013, hanya ada 24 miliarder perempuan yang mendapatkan kekayaan dari usahanya sendiri dari 1.426 miliarder perempuan terkaya yang masuk ke dalam daftar itu.

“Dia salah satu eksekutif yang dibayar dengan gaji tinggi di Silicon Valley,” ujar Aaron Boyd, Director of Research Equilar.

Keberuntungan Sandberg menjadi miliarder sebenarnya bukan dari gajinya US$300.000 setahun, tetapi karena melonjaknya harga saham Facebook setelah IPO pada Mei 2012.

Mantan karyawan Google itu saat ini memiliki lebih dari 12 juta saham Facebook, namun sebelum Facebook IPO, pemilikan saham itu tidak membuatnya menjadi miliarder.

Pada perdagangan Selasa pekan lalu, Sandberg menjual 255.000 saham Facebook dan memperoleh dana setelah dipotong pajak sebesar US$10 juta.

Perhitungan Forbes, sejak Mei 2012 setelah Facebook melakukan IPO, Sandberg telah menjual lebih dari 9 juta saham Facebook. Perolehan dana yang ia dapatkan setelah dipotong pajak mencapai US$250 juta.

Selain itu, jumlah kekayaannya juga bertambah dengan laba bersih Facebook pada tahun lalu yang meningkat delapan kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Yang mengesankan, Sandberg mencatatkan pendapatan dari mobile US$1,25 miliar, hampir sama dengan total pendapatan Facebook selama 12 bulan pada tahun lalu.

Dibawah Sandberg, Facebook telah merubah salah satu kelemahan, yakni mulai masuk ke bisnis mobile dan penjualan

sherly ok