Ini Jawaban Jokowi Saat Ditanya Kesiapan Ahok Jadi Gubernur

kokowi ahokSelaluBaruNet  –  Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tersenyum ketika menjawab pertanyaan apakah dia tengah mempersiapkan Basuki Tjahaja Purnama sebagai penggantinya kelak. Hal tersebut terkait Basuki yang ikut blusukan pada Kamis (27/2/2014) kemarin.

“Ha-ha-ha-ha, kok bisa larinya ke situ?” ujar Jokowi ketika bincang-bincang santai dengan redaksi Kompas.com, Jumat (28/2/2014).

Jokowi mengatakan bahwa sebagai gubernur dan wakil gubernur memang seharusnya membagi tugas. Ada yang harus mengurus soal administrasi, ada juga yang melakukan fungsi pengawasan.

Jokowi mengklaim, pembagian kerja seperti yang dilakukannya bersama Basuki selama setahun empat bulan ini, cukup efektif. Apalagi, lanjut Jokowi, sang wakil gubernurnya memiliki karakter kepemimpinan yang berbeda dengannya.

“Kebetulan, saya sama wagub kesenangannya berbeda. Pak Ahok keluar-keluar, enggak seneng. Senengnya di dalam kantor, ya sudah,” ujarnya sambil tersenyum.

Menurut Jokowi, blusukan bersama Basuki itu dilakukan dalam rangka menyatukan persepsi antara dia yang berada di lapangan dengan Basuki yang ada di belakang meja mengurusi administrasi.

“Supaya satu bahasa. Ooo, kampung deret yang bagus itu kayak di Petogogan, bukan di lainnya. Nah, selanjutnya pakai itu,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, untuk pertama kalinya sejak menjabat menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama blusukkan bareng pada Kamis (27/2/2014) kemarin. Mereka blusukan ke empat tempat, yakni Kalijodo, hutan Kota Penjaringan, Pasar tradisional Ciplak Jatinegara serta Pasar tradisional Obor, Pasar Rebo.

Jokowi hanya melempar senyum ketika ditanya wartawan, apa aksi blusukan bersama Wakil Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama adalah ‘latihan’ bagi Basuki mendalami persoalan Jakarta.

 

sumber:kompas.com