Isteri Harus Menghormati Suami

GodSelaluBaruNet – Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat. Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya. Efesus 5:31-33.

Firman Tuhan berkata bahwa bagaimanapun isteri harus menghormati suami, meskipun bejat, tapi Firman Tuhan berkata tetap harus hormat pada suami. Mungkin ada yang berkata bahwa kita melakukan hal yang salah. 1 Korintus 1:3, Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.  Firman Tuhan berkata, isteri harus menghormati suami sesuai urutannya, pertama adalah Kristus, dibawah Kristus adalah suami, setelah itu isteri kemudian anak. Firman Tuhan berkata bahwa setiap laki-laki minta dihormati, ini karena urutan hirarki yang dari Allah. jika seseorang sudah menikah maka mau atau tidak mau dia harus menghormati suaminya.

Banyak problem terjadi dalam keluarga disebabkan karena hal-hal sepeleh yang kemudian dibesar-besarkan sampai akhirnya jadi besar bahkan bisa berakhir dengan perceraian. Hal ini terjadi karena isteri sudah tidak menghormati suaminya Lagi. Sebab itu memiliki persekutuan dengan Tuhan adalah hal utama yang harus dilakukan supaya hubungan suami isteri tetap baik dan tidak sampai hancur. Isteri harus menghormati suaminya, sebaliknya suami mutlak mengasihi isteri seperti dirinya sendiri. Ketika terjadi persoalan dalam sebuah keluarga maka jangan sampai isteri tidak menghormati suaminya lagi, apapun yang terjadi isteri harus menghormati suaminya. I Korintus 7:16, Sebab bagaimanakah engkau mengetahui, hai isteri, apakah engkau tidak akan menyelamatkan suamimu? Atau bagaimanakah engkau mengetahui, hai suami, apakah engkau tidak akan menyelamatkan isterimu? Apapun perkataan suami isteri harus siap. Ketika seorang isteri sudah tidak menghormati suaminya lagi maka hubungan hirarki dengan Allh terputus sehingga rumah tangga tersebut mengalami masalah.

 

3        hal yang membuat suami isteri tidak saling menghormati lagi

1. Seorang suami tidak menjadi teladan. 1 Timotius  4:12, Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. Seorang pria harus menjadi teladan bagi orang percaya dalam perkataan, tingkah laku, kasih, dalam kesetiaan dan dalam kesucian. Jika seorang pria tidak bisa menjalani kelima hal ini maka ia tidak bisa dihormati. Tuhan tidak mau perkataan kotor keluar dari mulut suami tapi perkataan yang membangun supaya bisa menjadi berkat bagi isteri dan anak-anak bahkan orang lain.

2. Memiliki tingkah laku yang jahat. Yehezkiel 5:7-8, Sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena engkau lebih jahat dari pada bangsa-bangsa yang di sekitarmu dan kelakuanmu tidak selaras dengan ketetapan-ketetapan-Ku dan engkau tidak melakukan peraturan-peraturan-Ku, bahkan engkau melakukan peraturan-peraturan bangsa-bangsa yang di sekitarmu, sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku, ya Aku sendiri akan menjadi lawanmu dan Aku akan menjatuhkan hukuman kepadamu di hadapan bangsa-bangsa. Ayat ini menjelaskan bahwa jika suami memiliki kelakuan yang jahat maka Allah sendiri yang akan jadi musuhnya, kemanapun dia pergi tidak akan mengalami kemenangan. Seorang suami yang menceraikan isterinya dan menikah lagi berpikir bahwa dia pasti berhasil dalam pekerjaannya tapi tidak sadar bahwa dia sedang bermusuhan dengan Allah dan pada waktunya nanti hidupnya akan hancur karena murka Allah. sebab itu suami isteri harus berhati-hati dan memilki hidup yang benar dalam Tuhan supaya iblis jangan ambil kesempatan untuk menghancurkan rumah tangga.

3. Kasih yang sudah menjadi dingin. Matius 24:12 Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin. Artinya sudah tidak mengasihi lagi karena hidup dalam dosa. dimana suami isteri masing masing punya pria idaman lain dan wanita idaman lain. Sebab itu kasih kristus sangat dibutuhkan untuk menghangatkan kasih yang sudah dingin.

 

        Oleh Pdt Samuel Harto di Bethany TOC Surabaya)