Jenis Coklat Yang Baik Untuk Kesehatan

coklatSelalubaruNet – Semua orang pasti suka jenis makanan yang satu ini yaitu coklat. Dengan rasanya yang enak membuat coklat menjadi kegemaran semua orang mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Tapi tahukah anda bahwa tidak semua jenis coklat baik untuk kesehatan bahkan menimbulkan obesitas dan berbagai penyakit..?? Ini adalah jenis coklat yang baik bagi kesehatan.

Coklat awalnya dikonsumsi sebagai minuman dengan rasa khas yang diolah dari biji buah kakao, bukan sebagai makanan kecil. Biji buah kakao sedikit difermentasikan, dikeringkan, lalu dipanggang dan digiling menjadi bubuk coklat. Barulah kemudian bubuk coklat diemulsikan dengan karbonasi kalium atau natrium sehingga menghasilkan coklat cair (cocoa liquor) yang mengandung cocoa butter atau semacam minyak kokoa.

Coklat berkualitas tinggi yang dimakan langsung justru ditambahkan kandungan minyak kokoa. Coklat yang dapat dimakan langsung tersedia dalam 3 jenis yaitu coklat hitam, coklat susu dan coklat putih. Warna dan rasanya bergantung dari kandungan kokoa padat di dalamnya. Bahan campuran dasarnya adalah sebagai berikut :

* Coklat hitam : kokoa cair, gula, minyak kokoa, dan (kadang-kadang) vanilla
* Coklat susu : kokoa cair, gula, minyak kokoa, susu cair atau susu bubuk, dan vanilla
* Coklat putih : gula, minyak kokoa, susu cair atau susu bubuk, dan vanilla

Coklat yang Baik Dikonsumsi
Lantas jenis coklat manakah yang baik dan tentunya lebih sehat untuk dikonsumsi? Gampang saja, pilihlah coklat yang paling banyak mengandung minyak kokoa (cocoa butter) dan atau kokoa padat (cocoa solid) yang merupakan komponen non-lemak pada biji coklat yang digiling. Bagaimana cara mengetahuinya? Yang perlu Anda ketahui adalah jenis coklatnya.

* Coklat hitam murni mengandung setidaknya 70% kokoa (padat dan minyak)
* Coklat susu biasanya mengandung sekitar 50% kokoa
* Sementara coklat putih berkualitas bagus hanya mengandung sekitar 33% kokoa

Bahkan coklat yang diproduksi untuk konsumsi umum ada yang hanya mengandung sekitar 7% kokoa saja atau bahkan memakai minyak sebagai pengganti kokoa. Sampai-sampai jenis “coklat” yang terakhir ini tidak boleh disebut sebagai coklat karena kandungan kokoa yang sangat minim atau bahkan tidak ada sama sekali. Itulah mengapa coklat hitam murni berkualitas bagus lebih baik dan sehat untuk dikonsumsi dibandingkan jenis coklat yang lain.

Kokoa adalah bahan yang relatif mahal dibandingkan gula atau minyak nabati. Akibatnya terjadilah “pemalsuan” rasa. Tak heran jika gula, minyak nabati atau minyak lain yang lebih murah seperti lesitin dari kedelai dan minyak palem sering digunakan untuk menggantikan minyak kokoa. Penggunaan bahan-bahan pengganti itu juga membuat pelapisan coklat menjadi lebih mudah. Kandungan kokoa padatnya juga sangat rendah atau tidak ada sama sekali. Jenis coklat inilah yang tidak baik untuk dikonsumsi.