Kebiasaan Penyebab Sakit Punggung

200177292-001SelaluBaruNet – Penyebab sakit punggung bisa macam-macam. Mulai dari tidur di kasur yang sudah tidak nyaman untuk tidur maupun posisi duduk yang salah. Berikut adalah kebiasaan yang menyebabkan sakit punggung:

1. Kasur Tak Nyaman
Kasur sebaiknya diganti setelah dipakai selama 8 sampai 10 tahun. Jika lebih dari itu, kekuatan kasur untuk menopang tubuh sudah berkurang. Pilihlah kasur yang tidak terlalu lembek atau terlalu keras. Pastikan lengkungan tulang belakang tidak tenggelam atau kaku saat berbaring di atas kasur.

2. Membawa Beban Berat
Bagi Anda yang suka membawa beban berat, punggung mungkin tidak dalam kondisi baik. Khususnya, jika membawa tas yang berat dengan sebelah bahu, tubuh akan jadi tak seimbang. Usahakan jangan membawa beban yang terlalu berat. Beban ideal yang aman dibawa adalah 10 persen dari berat tubuh Anda.

3. Menggunakan Sepatu Hak Tinggi Atau Rata
Hak sepatu yang tinggi memang dapat menunjang penampilan wanita. Tapi, penggunaan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan sakit punggung dan memberikan tekanan berlebih pada tumit dan lutut.

Ternyata, sepatu teplek atau tanpa hak pun bisa berbahaya, bergantung pada bentuk kaki. Sandal tanpa penyangga belakang juga bisa membuat kaki keluar dari area sandal sehingga berat tubuh tak seimbang.

4. Menahan Amarah
Peneliti dari sebuah universitas menemukan bahwa belajar memaafkan dengan menahan amarah, depresi, dan kekesalan dapat mengurangi rasa sakit pada tubuh. Emosi dalam diri akan membuat otot menegang dan secara langsung mempengaruhi rasa sakit pada tubuh. Bukan hanya tidak baik untuk tubuh, amarah juga tak sehat untuk psikologis.

5. Duduk Seharian
Duduk berlama-lama di depan komputer saat bekerja dapat mengganggu postur tubuh yang menyebabkan sakit pada otot punggung karena tidak aktif bergerak. Duduk juga memberikan 50 persen beban tubuh pada tulang belakang. Jika pekerjaan menuntut Anda untuk duduk berlama-lama, pastikan posisinya benar, tidak terlalu membungkuk dan tidak terlalu tegak.

6. Stres
Jika pikiran stres, seluruh tubuh akan ikut stres. Otot pada bagian belakang dan leher akan ikut menegang. Jika Anda terus stres, otot-otot tersebut jadi tak bisa rileks dan menyebabkan sakit. Melakukan olahraga, meditasi, dan mandi air hangat dipercaya bisa mengurangi stres.

7. Kurang Olahraga
Olahraga dapat membentuk otot yang kuat untuk menopang punggung. Jika kurang olahraga, otot akan jadi lemah dan kekuatan tulang belakang akan mengendur. Melakukan peregangan pada punggung adalah satu langkah untuk kurangi sakit punggung.

8. Sering Makan Junk Food
Makanan cepat saji memiliki kalori yang tinggi tapi nutrisinya sangat rendah dan bisa sebabkan kegemukan. Bobot tubuh yang bertambah biasanya akan menumpuk pada area punggung. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan pinggul jadi maju ke depan dan menekan tulang belakang. Orang gemuk juga lebih rentan terserang osteoporosis.