Kebiasaan yang Berbahaya Bagi Kesehatan

 

sarapanSelaluBaruNet – Kebanyakan orang senang melakukan hal-hal yang membuatnya tetap nyaman, salah satunya adalah kebiasaan mulai dari yang baik maupun tidak baik yang ternyata bisa merugikan diri sendiri.

  1. Mengemudi dengan jendela terbuka
    Kita merasa cukup puas saat menjelajah jalan tol dengan angin yang bertiup mengenai rambut kita di hari yang hangat, tapi kita jadi tidak meringankan kerja paru-paru dari polutan berbahaya yang didapat dari asap mobil. Sebuah studi dari University of Southern California (Universitas California Selatan) menemukan bahwa menghabiskan hampir enam persen waktu dalam sehari untuk berkendara dengan jendela terbuka menyebabkan tubuh terkena 45 persen polutan yang kita hadapi dalam 24 jam. Di perkotaan, mengemudi dengan jendela terbuka dapat memberi ancaman lebih besar terhadap kesehatan Anda.
  2. Membawa tas tangan yang berat
    Anda membawa makeup, tisu bayi, ponsel, dompet dan kunci. Entah bagaimana, dalam tas Anda juga ada baterai lama – tidak tahu kapan Anda memerlukannya. Headphone yang sudah patah pun Anda bawa. Benarkah Anda membutuhkan semua barang ini? Bisakah barang-barang “penting” ini dikurangi sedikit? Membawa beban berat benar-benar membahayakan kesehatan Anda karena dapat menyebabkan kejang-kejang pada punggung, penyakit degenerasi, masalah leher, radang sendi dan postur tubuh. Bersihkan handbag Anda, dan dapat Anda pertimbangkan untuk menggantinya dengan tas yang lebih kecil supaya barang yang dibawa lebih sedikit.
  3. Melakukan olahraga terlalu lama
    Wajar jika kita berpikir bahwa lebih banyak waktu berolahraga di gym, maka akan semakin baik. Kenyataannya adalah, melakukan aktivitas baik yang berlebihan pun dapat menjadi kontraproduktif dan itu juga berlaku saat Anda berolahraga. Memacu tubuh Anda terlalu keras dapat menyebabkan perubahan hormonal yang abnormal (yang dapat memicu naiknya berat badan), sistem kekebalan tubuh semakin lemah, gangguan otot, tulang kaki penyangga dan masalah-masalah lutut, kaki atau punggung. Maka dari itu, agar dapat menuai manfaat olahraga demi gaya hidup sehat, jangan berlebihan.
  4. Tidur hanya sebentar
    Penelitian ilmiah membuktikan bahwa kita akan terlihat kurang menarik jika sedikit tidur, tapi kelopak mata yang menghitam dan kulit yang pucat hanya seberapa dibanding efeknya pada kesehatan. Tidak peduli seberapa sehat Anda, seberapa sering Anda berolahraga, atau seberapa tinggi berat badan Anda, terlalu sedikit memejamkan mata dapat memengaruhi kesehatan Anda. Para ilmuwan meneliti 5.600 orang dengan berat badan dan ukuran badan yang sehat selama tiga tahun dan menemukan bahwa orang yang melewatkan jam tidur empat kali lipat berisiko stroke dan penyakit jantung. Perbaiki waktu tidur Anda dan tidurlah sesuai dengan jam waktu tidur yang sudah Anda buat.5. Menghindari timbangan
    Salah satu cara untuk mengabaikan masalah berat badan adalah dengan menghindari timbangan sama sekali dengan harapan “Jika saya tidak melihat berat badan pada timbangan, saya tidak perlu merisaukan masalah berat badan.” Jika Anda merasa berat badan Anda bertambah, sebaiknya hadapi kenyataan untuk melihat seberapa besar peningkatan yang Anda dapat pada berat badan Anda, sehingga Anda dapat melakukan sesuatu untuk mengatasinya sebelum masalahnya di luar kendali.

    6. Kekhawatiran dalam hati
    Meskipun stres dapat menjadi positif dalam membantu Anda untuk tetap waspada dan menghindari bahaya, terlalu banyak stres juga dapat merusak kesehatan Anda. Rasa khawatir yang tidak ada hentinya akhirnya dapat menyebabkan sakit kepala, tekanan darah tinggi, sakit perut, nyeri dada dan kurang tidur. Meskipun merupakan satu hal yang wajar merasa khawatir saat Anda dikejar-kejar deadline, kepanikan yang terlalu berlebihan mengenai hal-hal sepele perlu dikurangi.

    7.  Berhenti minum obat sebelum waktunya
    Sebagian besar dari kita pernah melakukan hal ini. Ketika merasa jauh lebih sehat, kita berhenti meminum obat, namun secara tiba-tiba kita penyakit yang kita derita malah menjadi jauh lebih parah. Menurut Anda seberapa besar risiko bagi kesehatan dari kebiasaan ini? Tergantung dari obat yang Anda konsumsi, namun berhenti mengonsumsi obat sebelum waktunya dapat menyebabkan berbagai risiko bagi kesehatan mulai dari yang ringan hingga sedang atau parah.

    8. Lupa membersihkan gigi dengan benang gigi
    Membersihkan gigi dengan benang gigi merupakan satu hal penting bagi kesehatan mulut, namun banyak dari antara kita yang tidak melakukannya karena merasa tidak banyak perbedaan antara membersihkan gigi dengan benang gigi dan hanya dengan sikat gigi. Hal ini perlukan dilakukan karena plak yang ada di sela-sela gigi dapat menjadi lebih berbahaya daripada yang Anda bayangkan. Jika bakteri memasuki aliran darah, hal ini dapat menyebabkan peradangan kronis dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, kanker dan kelahiran prematur.

    9. Melewatkan sarapan
    Pada awalnya akan terasa baik-baik saja namun kemudian akan melambat dan mogok. Anda tidak hanya merasa kurang aktif dan menjadi lamban, melewatkan sarapan – baik itu karena tidak cukup waktu maupun karena takut berat badan Anda akan bertambah – memiliki kaitan dengan peningkatan risiko penyakit diabetes dan dapat menyebabkan obesitas karena tubuh Anda menyimpan lebih banyak lemak untuk digunakan sebagai bahan bakar untuk aktivitas selama sehari. Oleh karena itu Anda perlu sarapan untuk merasa lebih bahagia, lebih fungsional dan yang terpenting sehat.