Kekuatan Dari Pikiran

pikiran kristusSelaluBaruNet – Pikiran kristus adalah media dari apa yang kita lihat, kita dengar dan itu yang akan terjadi lewat tindakan kita. Jika kita mau menggunakan pikiran kristus maka yang harus lakukan dalam hidup ini adalah bukan apa yang baik tapi apa yang benar. (Roma 12:2)

Jika kita tidak menggunakan pikiran Kristus maka yang kita lakukan adalah hal yang baik, tapi jika menggunakan pikiran Kristus maka yang kita lakukan adalah hal  yang benar, karena yang baik belum tentu benar tapi yang benar sudah pasti baik. Matius 6:33, Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Firman Tuhan berkata bahwa kita bukan cari kerajaan Allah dan kebaikannya tapi mencari kerajaan Allah dan kebenarannya maka semua akan ditambahkan pada kita. Artinya kita mengerjakan kebenaran itu dan tinggal didalamnya sehingga kita mendapatkan perkenanan dari Tuhan maka semua yang dibutuhkan akan ditambahkan pada kita, sehingga aplikasi dalam hidup kita bukan good idea tetapi God idea.

Oleh sebab itu milikilah pikiran Kristus supaya kita menjadi kuat. 1 Korintus 2:16 Sebab: “Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?” Tetapi kami memiliki pikiran Kristus. Kita harus mengerti strategi iblis. Sejak awal saya selalu menekankan tentang pikiran karena itu adalah senjata utama bagi iblis untuk menghancurkan kita. Begitu ada hal negatif di pikiran kita maka itu akan masuk ke hati, kemudian dibuahi menjadi sebuah tindakan. Ketika pikiran kita tidak ditaklukan pada kristus maka buah yang dihasilkan adalah  buah yang tidak berkenaan di hadapan Tuhan. Strategi pertama dari iblis adalah untuk menggagalkan kita adalah dengan menyerang pikiran kita. Tapi jika kita menaklukan pikiran dan kehendak kita pada kristus maka bukan terobosan saja yang kita alami tapi ledakan terobosan yang terjadi karena kekuatan Ilahi yang ada dalam hidup kita. Sebenarnya kita masing-masing diciptakan menjadi pribadi-pribadi yang luar biasa, pribadi-pribadi yang dapat melakukan perkara-perkara hebat.

Kemana pikiran itu pergi disitulah kita akan mengikutinya. Ketika pikiran yang ada pada kita adalah pikiran Kristus, kemana Allah akan menuntun kita maka disitulah kita akan berada dan mengalami mujizat demi mujizat karena yang kita ikuti bukan kemauan kita tapi kemauan Tuhan. Pikiran kita boleh memiliki cita-cita yang tinggi tapi bukan itu segala- gaalanya. Jika kita menaklukan itu dalam pikiran dan kehendak kristus maka Tuhan akan menyempurnakan menjadi indah bukan menurut pemandangan kita tapi menurut pemandangan Tuhan. Cara supaya kita bisa memakai pikiran kristus adalah kita harus dipenuhi dengan Roh Kudus terlebih dahulu. Jika pikiran kita tidak dipenuhi dengan Roh kudus maka akan sulit bagi kita untuk bisa menaklukan pikiran dan kehendak kita pada Kristus, karena fungsi dan peran dari Roh Kuduslah memberi kekuatan dan pertolongan untuk memamapukan kita menaklukan pikiran dan kehendak kita pada Kristus. Kita tidak akan pernah bisa menggunakan kekuatan kita  untuk menaklukan pikiran sendiri karena pasti akan gagal, hanya pertolongan Roh Kudus yang bisa memampukan kita melakukan semuanya.

1 Yohanes 2:27 berkata, Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu — dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta — dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia. Untuk bisa menaklukan pikiran Kristus, harus penuh dengan Roh Kudus, karena pengurapan-Nya itu yang akan mengajar kita apa yang harus kita lakukan. Jika pengurapan Allah ada dalam diri kita maka kita bisa mengerti pikiran, perasaan kristus dan kehendak Kristus. Ketika tahu hati dan perasaan orang yang kita kasihi, orang-orang terdekat kita maka kita tidak akan menyakiti hati, pikiran, dan perasaan mereka. Begitupun dengan Kristus, ketika kita mengasihi Tuhan maka kita tidak akan menyakiti Tuhan karena kita tahu hati, pikiran, perasaan dan kehendak-Nya, sehingga ketika kita tidak mau menyakiti Tuhan maka perkenanan Tuhan itu akan turun atas hidup kita dan ketika perkenanan-Nya itu sudah turun maka Tuhan akan menjadikan kita berbeda. Setiap orang dalam menjalani hidup ini pasti alami masalah tapi bagi kita yang mendapat perkenanan, Tuhan akan buat berbeda, kita akan selalu mendapatkan jalan keluar, mengalami mujizat, dan terobosan, ada hikmat Tuhan yang diberikan buat kita. Sebab itu kejarlah perkenanan Tuhan.

 

Khotbah Di Sampaikan oleh Pdt Rio Pattiselano Di Bethany TOC Surabaya