Khasiat Makanan Mentah Bagi Kesehatan

sayur mentahSelaluBaruNetMengkonsumsi Jus Buah dan Sayur Mentah setiap hari ternyata memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan dengan pola makan dengan nutrisi lengkap dan segar dapat membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Berikut adalah manfaat mengkonsumsi  buah dan sayur mentah:

Menyembuhkan gangguan pencernaan.
Salah satu penyembuhan yang paling efisien dari penyakit gangguan pencernaan atau gastrointestinal adalah dengan mengkonsumsi jus raw food. Tak hanya dapat menghilangkan racun berbahaya dan bakteri dari usus besar, namun juga pola makan ini dapat membantu menyembuhkan jaringan usus yang mengalami kerusakan.

Mengobati kekurangan gizi
Kekurangan gizi bisa menyebabkan penyakit kronis menyerang tubuh. Jus makanan mentah bisa menyembuhkan kekurangan gizi dalam waktu yang singkat karena mudah dicerna, kaya vitamin yang tak rusak akibat proses pemasakan, dan tak ada efek samping seperti obat kimia. Makanan ini membantu tubuh menyembuhkan diri sendiri.

Membunuh sel kanker.
Terkait dengan kanker, jus adalah salah satu cara paling mudah dan efisien untuk mencegah kanker berkembang. Penelitian ilmiah menemukan bahwa nutrisi dalam buah delima, kubis, brokoli, Seledri, wortel, dan apel dapat mencegah persebaran sel kanker. Nutrisi antikanker yang dikandung buah tersebut lebih mudah diserap ketika dimakan dalam bentuk jus mentah.

Zat penting yang terdapat dalam makanan mentah

–  Bahwa kandungan enzim dalam makanan mentah dapat membantu pencernaan sehingga sangat penting bagi pertumbuhan tubuh. Memasak makanan dengan suhu lebih dari 40 derajat Celcius dianggap akan menghancurkan kandungan enzim ini.

–   Makanan mentah mengandung bakteri dan mikro organisme yang baik bagi pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

–   Makanan mentah lebih bernutrisi daripada makanan yang sudah dimasak.

–   Makanan mentah bersifat masih alami, sedangkan masakan yang sudah diproses banyak mengandung bahan tambahan seperti pewarna, penyedap rasa, pewarna, atau pemanis yang buruk bagi tubuh.

–   Makanan mentah dianggap paling cocok untuk konsumsi manusia. Bahan makanan perangsang seperti kopi, alkohol, dan tembakau sangat dihindari. Lemak dan protein yang dipanaskan seperti minyak goreng dan kacang goreng juga sangat dihindari karena dianggap bersifat karsinogen.

–   Makanan alami dan makanan organik utuh dianggap lebih bernutrisi daripada makanan hasil produksi komersial.

–   Makanan yang sudah dimasak telah rusak kandungan alaminya sehingga menghasilkan racun yang dapat mengakibatkan berbagai penyakit.

–   Sayur-mayur dan buah-buahan mentah kaya akan antioksidn sehingga membuat awet muda, mencegah kanker, dan menetralisir radikal bebas.

–   Polusi udara dan merokok dianggap sangat merusak kesehatan. Air minum hasil pemrosesan juga dianggap tidak sehat, terutama sekali yang ditambahkan fluorida dan klorin.

Hal penting yang harus diperhatikan

1. Ketahuilah jenis makanan apa saja yang bisa dimakan mentah-mentah.

Anda bisa mulai dengan berbagai buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, buncis dan sejenisnya, buah-buahan kering (kurma, kismis, dan sebagainya), bumbu dapur, berbagai jenis jamu, garam meja, minyak zaitun atau canola murni, cuka murni, kelapa muda, coklat, susu dan produk susu, telur, ikan (sushi dan sashimi), rumput laut (hijiki, dulse flakes, nori sheets, dan wakame), dan masih banyak lagi.

2. Carilah informasi mengenai diet makanan mentah sebanyak mungkin. Bacalah buku-buku atau carilah informasi soal diet makanan mentah di internet dari sumber situs terpercaya.

3. Carilah resep makanan mentah yang bahan-bahannya mudah dicari. Bila harga bukan masalah bagi Anda, belilah jenis yang organik. Jika memungkinkan tanamlah tanaman organik Anda sendiri dan buatlah pupuk kompos sendiri.

Tip sebelum diet makanan mentah

–   Tidak semua orang cocok menerapkan diet makanan mentah. Perhatikan kondisi pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan setelah mencoba diet makanan mentah. Jika perlu konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli nutrisi.
–    Variasikan bahan makanan mentah untuk mencukupi semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Cukupi konsumsi protein dan lemak sehat untuk menjaga metabolisme tubuh.
–    Diet makanan mentah tidak direkomendasikan untuk anakanak, wanita hamil dan menyusui, penderita anemia, dan penderita osteoporosis.
–     Konsumsi suplemen vitamin B12 untuk mencegah anemia.
–    Jika harus makan di restoran, pilihlah menu salad, sushi, atau sashimi.
–    Pastikan higienitas daging, ikan, telur, susu, atau bahan makanan hewani yang akan dikonsumsi.
–    Makan makanan utuh lebih baik daripada diproses jus karena kandungan serat makanan lebih tinggi.
–    Jangan mengonsumsi kacang merah dan kacang mede mentah-mentah.
–    Beberapa orang yang terbiasa makan daging, gula, dan kafein akan mengalami sedikit pusing, mual, dan craving saat mencoba makanan mentah pertama kali. Tapi kondisi ini akan hilang setelah beberapa hari.

Semakin Anda bertambah usia, enzim tubuh akan semakin berkurang sehingga kemampuan mencerna makanan juga berkurang. Karenanya, mencoba diet makanan mentah untuk mendapat manfaat optimal bagi kesehatan layak dicoba. Selamat makan !