Kisah Pilu Wanita 19 Tahun yang Mirip Anak-anak (I)

zeng.jpg okSelaluBaruNet – Seorang gadis berusia 19 tahun asal China, bernama Zeng Yushan lahir di tahun 1994, di kota Huzhu wilayah Fushun, provinsi  Sichuan. Akibat gejala kelainan hormon, meski telah beranjak dewasa wajah Zeng tetap mirip anak-anak.Dikutip dari Dailymail.co.uk, di usia tujuh tahun badannya berhenti tumbuh. Hal ini terjadi akibat tumor pada kelenjar hipofisis (bawah otak) nya, sesuatu yang membuat hormon pertumbuhannya tidak bekerja. Dokter mengatakan kelenjar ini ditemukan di belakang hidung, di bawah dasar otaknya seukuran kacang polong.

Melalui aliran darah, penyakit ini menghentikan laju hormon pertumbuhan dan hormon pubertas. Ashley Grossman, profesor endocrinology dari Oxford University mengatakan, meski penyakit ini langka, namun jika terjadi akan menghentikan pertumbuhan penderitanya.

“Jika menderita gejala penyakit ini, orang tersebut akan menjadi seperti orang kerdil, di mana ia tidak bisa tumbuh tinggi namun secara bentuk, tetap sempurna layaknya manusia lain,” ujarnya.

Ashley juga menerangkan, tanpa pengobatan yang tepat, penderita akan tetap seperti itu, meski nanti lama-lama kulitnya akan keriput layaknya manusia lain. Sayangnya, penanganan masalah penyakit ini tidak ditangani dengan baik, kecuali penderita memiliki uang banyak.

Malang bagi Zeng, karena keluarganya bukan orang mampu yang bisa memberinya pengobatan layak. Ibunya bahkan meninggalkan Zeng karena malu. Ia kemudian bercerai, dan meninggalkan gadis cilik itu untuk hidup dengan ayahnya. Sebelum berpisah, hampir setiap hari keduanya sering bertengkar tentang masalah penyakit anak ini.

Ironisnya, setelah beberapa bulan hanya tinggal berdia bersama ayahnya,  Yul Wei, sang bapak yang berusia 43 tahun, juga didiagnosa dokter menderita penyakit kanker.

Karena bingung harus membayar biaya pengobatan dokter ayahnya, Zeng yang wajahnya mirip anak-anak, kemudian diminta sang bapak, untuk menjadi pengemis. Karena sayang pada ayahnya, Zeng bersedia menuruti permintaan itu. Maka alih-alih kuliah, gadis berwajah anak-anak itu bersama ayahnya menjadi pengemis di wilayah Zigong, Chengdu, dan Guiyang.

Kisah ironi Zeng berlanjut setelah sang ayah tercinta wafat, bersambung…

Sumber:viva.co.id