Klub Raksasa Liga Inggris Singgah ke Indonesia

fans liverpoolSelaluBaruNet – Disambangi klub utama Inggris, ribuan suporter padati sesi latihan Liverpool. Panasnya kota Jakarta dan udara panas terasa seakan menusuk kulit tidak menghalangimereka untuk rela berdesak-desakan hanya untuk melihat sang idola.

Para bintang lapangan hijau yang selama ini hanya bisa dilihat di televisi kini bisa dilihat secara langsung oleh penggila bola tanah air. Apalagi para suporter setia klub-klub tersebut, sudah pasti tanda tangan sampai foto idolanya menjadi buruan utama.

Indonesia bak “surga” untuk klub-klub atau negara-negara dengan sejarah sepakbola yang kuat. Banyaknya penduduk dan kultur sepakbola yang sangat melekat membuat daya tarik untuk hadir di tanah air makin memuncak.

Tapi titik balik dari kedatangan tim-tim kuat Eropa terjadi pada 2013 ini. Saat Belanda hadir Juni lalu, publik Indonesia bak dilanda demam Der Oranye. Suporter tim Garuda rela menanggalkan kostum merah mereka dan menggantinya dengan warna oranye khas Belanda.

Sadar besarnya animo masyarakat sepakbola di tanah air, tahun 2013 Indonesia langsung diinvasi oleh klub-klub Premier League. Sepakbola Inggris memang tidak asing dengan penikmat televisi Indonesia sejak 1990-an.

Pekan lalu saat Arsenal datang, aksi The Gooners selalu memukau mata punggawa-punggawa klub London Utara tersebut. Pada laga hari Minggu lalu, SUGBK pun disesaki oleh para pendukung Arsenal dan Timnas Indonesia. Tiga hari di Jakarta, para pemain pun bagaikan seorang bintang pop.

“Saya merasa seperti Justin Bieber, dengan fans yang terus berteriak. Bagi saya ini luar biasa. Fans di sini benar-benar luar biasa, membuat kami terkesan,” ujar Alex Oxlade-Chamberlain.
Dan pekan ini, klub dengan basis suporter lebih besar yang akan datang. Giliran 18 kali juara Liga Inggris, Liverpool, yang menyambangi dan membuat geger Jakarta.

Kedatangan pasukan Brendan Rodgers itu disambut oleh ribuan The Kopites yang memadati bandara Halim Perdana Kusuma hari Rabu lalu. Yel-yel serta nyanyian “You’ll Never Walk Alone” selalu berkumandang saat bus-bus pemain Liverpool beriringan menuju hotel.

Tentunya hal tersebut menjadi perbincangan. Situs resmi Liverpool sangat antusias dengan sambutan heboh itu. Begitu juga Lucas Leiva yang menilai hal tersebut salah satu bukti bahwa klub asal Merseyside itu adalah salah satu klub raksasa dunia.

Tidak sampai di situ, fans pun lalu berpindah ke Hotel Mulia tempat pemain-pemain Liverpool menginap. Mereka dengan setia menunggu para pemain meski mendapatkan penjagaan ketat dari petugas dan dilarang masuk ke dalam lobi hotel.

Tapi titik puncaknya diharapkan saat Liverpool menggelar laga kontra Indonesia XI pada hari Sabtu, 20 Juli 2013. 88.000 tempat duduk yang disediakan SUGBK kemungkinan besar akan penuh sesak dengan penonton.

Chelsea

Antusiasme dengan Liverpool belum surut, Indonesia sudah akan menyambut Chelsea
pekan depan. Hadirnya Jose Mourinho serta pilar-pilar utama The Blues dipastikan akan membuat masyarakat berbondong-bondong ingin menyaksikan pemain pujaan mereka secara langsung.

Jumlah pendukung pasukan Stamford Bridge itu memang terus berkembang dalam beberapa tahun belakangan. Prestasi yang terus berdatangan membuat Chelsea semakin dikenal oleh para pecinta sepakbola. Hal itu dibuktikan oleh terpilihnya Indonesia sebagai salah satu tuan rumah tur pra-musim 2013, setelah harus gigit jari melihat Malaysia dapat kesempatan dua tahun belakangan.

Namun, hal ini tampaknya tetap tidak akan menurunkan antusiasme pendukung Chelsea nanti. Suporter dengan kostum biru dipastikan tumpah-ruah saat John Terry dan kawan-kawan pada 23 Juli nanti. Sosok Eden Hazard, Frank Lampard, Petr Cech sampai pemain anyar, Andre Schurlle, tentu sangat dinantikan.