Mafaat Musik Kalsik Bagi Kesehatan

klasikSelaluBaruNet – Musik klasik bukan hanya sebagai hiburan tapi tapi memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Jika ditelusuri kembali ternyata musik juga berguna sebagai saran terapi untuk penyembuhan penyembuhan bahkan diakui dalam tulisan-tulisan Pythagoras, Aristoteles dan Plato. Mereka percaya bahwa hal itu dapat mempengaruhi fisik, emosi, kognitif dan menenangkan jiwa dan meningkatkan kualitas hidup.

Ini adalah beberapa manfaat musik klasik bagi kesehatan:
1. Antidepresi
Depresi mengurangi aktivitas otak dan menghambat kemampuan pikiran untuk merencanakan dan melaksanakan tugas. ketika pikiran tenang saat mendengarkan alunan musik klasik maka secara otomatis pikiran kita akan menjadi lebih tenang dan beban pikiran akan berkurang sehingga kita terhindar dari depresi

2.Memprbaiki Suasana Hati

Musik klasik dipercaya dapat memperbaiki suasana hati yang sedang tidak bagus. dengan mendengarkan alunan musik klasik yang lembut maka suasana hati yang sedang tidak bagus perlahan akan membangkitkan suasana hati yang tenang.
Penelitian di McGill University Montreal menunjukkan bahwa mendengarkan musik terutama musik klasik dapat memicu pelepasan hormon dopamin yang memicu rasa senang dalam jiwa

3. Memfokuskan Pikiran
Mendengarkan musik klasik juga dapat membuat kita lebih fokus dalam berfikir sehingga kita menjadi mudah untuk berkonsentrasi dengan baik

4. Tidur lebih nyenyak
Mendengarkan musik klasik saat kita tidur jiwa Anda terasa dalam kondisi sehat karena menghilangkan efek stres, depresi dan kecemasan.

3. Penghalau rasa cemas
Kecemasan terkait tugas mungkin memiliki hasil negatif. Hal itu dapat menyebabkan kegelisahan, ketidaksabaran dan gangguan kecemasan lainnya. Musik klsik menginduksi tidur nyenyak dan menjaga pikiran Anda tenang. Pilihlah jenis musik yang menenangkan, pejamkan mata Anda utnuk menikmatinya.

4. Membantu berpikir lebih baik
Kemampuan belajar dan berpikir seseorang dipengaruhi oleh stres. Musik klasik dapat bertindak sebagai pengahalaunya dan dapat membantu Anda belajar dan berpikir lebih baik. Bukan hanya membuat Anda berpikir lebih baik, musik juga bisa membantu Anda dalam menganalisa, bekerja lebih cepat dan juga efisien. kemampuan belajar individu, yang membantu dalam efisiensi berkembang dalam pekerjaan.

5. Merangsang sel-sel otak
Penelitian telah menunjukkan bahwa musik dengan beat yang kuat dapat merangsang gelombang otak untuk beresonansi sinkron, jantung berdetak lebih cepat dan membawa konsentrasi berpikir lebih tajam serta lebih waspada. Di sisi lain, mendengarkan musik klasik menenangkan dan meningkatkan kemampuan untuk fokus untuk waktu lebih lama dan mempromosikan keadaan tenang seperti meditasi. Ini membawa rasa kesejahteraan dan kreativitas, perubahan berlangsung lebih lama setelah musik berhenti bermain.

6. Menambah IQ

Percobaan dari 2 orang profesor Universitas California membuktikan, mendengarkan musik klasik selama 10 menit bisa menambah IQ. Mereka menyimpulkan, musik klasik bisa meningkatkan Spiritual Quotient