Manfaat Aktivitas Fisik Sederhana Bakar Kalori

olahraga ringanSelaluBaruNet – Kurangnya aktivitas fisik bisa membuat seseorang gampang mengalami obesitas. Seperti yang sering terjadi pada pekerja kantoran yang lebih banyak beraktivitas di depan meja. Sebab itu aktivitas fisik perlu untuk pengaturan kalori yang keluar dan masuk dan keluar dari tubuh kita.

Orang yang jarang bergerak aktif, seperti pekerja kantoran yang lebih banyak duduk di depan meja kerja, semestinya lebih memerhatikan pengaturan kalori masuk dan keluar. Jika tidak, kalori masuk yang tak seimbang dengan kalori keluar, menyebabkan berat badan naik juga obesitas yang memicu berbagai penyakit.

Sebenarnya, mengeluarkan kalori dari tubuh demi menjaga kesehatan fisik, bisa dilakukan dengan cara sederhana.

Spesialis olahraga dari Indonesia Sport Medicine Centre, Andi Kurniawan, berbagi kiat bagaimana pekerja kantoran bisa tetap aktif di tempat kerja sehingga bisa membakar kalori dengan cara sederhana, berikut di antaranya:

1. Berdiri dan berjalan ketika membuang kertas bekas ke tong sampah.
2. Tiap beberapa jam, stop bekerja dan melakukan peregangan cukup 3-5 menit.

3. Parkir kendaraan sedikit lebih jauh dari kantor agar bisa berjalan kaki menuju tempat kerja.

4. Menggantikan eskalator/ lift dengan naik turun tangga.

5. Tidak menyuruh office boy untuk membeli makan siang tetapi berjalan ke warung/restoran untuk makan siang.

6. Tidak menggunakan telepon atau email atau chat ketika berkomunikasi dengan teman satu kantor tetapi berjalan menghampiri dan berkomunikasi langsung.

Andi tidak menyebut pasti berapa kalori yang dibakar dari aktivitas di atas. Namun ia memberi ilustrasi, bila aktivitas berjalan 10.000 langkah dapat membakar 400 sampai 600 kalori, maka enam kegiatan sederhana tersebut jika rutin dilakukan dapat membantu efektivitas pembakaran kalori dari 10.000 langkah hingga 50 persen.