Manfaat Asparagus untuk Kesehatan

asparagusSelaluBaruNetAsparagus, sejenis sayuran dari satu spesies tumbuhan genus Asparagus, terutama batang muda yang gunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan sifat diuretiknya.

Asparagus berkhasiat untuk memperlancar saluran urin sehingga mampu memperbaiki kinerja ginjal. Asparagus merupakan sumber terbaik asam folat nabati, sangat rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolesterol, serta mengandung sangat sedikit natrium. Tumbuhan ini juga merupakan sumber rutin, suatu senyawa yang dapat memperkuat dinding kapiler. Berikut ini manfaat lain dari asparagus

Anti inflamasi
Beberapa penelitian mengatakan bahwa asparagus memiliki sifat anti inflamasi, yang baik untuk melindungi tubuh manusia dari sejumlah penyakit. Asparagus juga mengandung vitamin C dan E, beta-karoten, zinc, selenium dan mangan serta antioksidan glutathione yang dikenal (GSH), yang terdiri dari tiga asam amino– asam glutamat, glisin, dan sistein– disatukan menjadi satu molekul. Nutrisi ini sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Diuretik alami
Kandungan asama amino dalam asparagus yang dikenal sebagai asparagine dikatakan bekerja sebagai diuretik alami, yang akan memastikan bahwa tubuh Anda mampu menghilangkan kelebihan garam cairan. Ini juga bermanfaat bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi atau penyakit jantung.

Memperkuat tulang
Konsumsi asaparagus dua kali seminggu dipastikan mampu menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Selain baik untuk kesehatan tulang, sayuran ini juga dikatakan baik untuk membantu proses pembekuan darah yang sehat.

Menetralkan radikal bebas
Sayuran ini juga mengandung antioksidan, yang membantu menetralkan radikal bebas yang merusak sel, yang pada gilirannya dikatakan memperlambat proses penuaan. Asparagus juga dikatakan mampu membantu otak kita memerangi penurunan kognitif karena folat yang dikandungnya.