Manfaat Daun Sirsak

daun sirsakSelaluBaruNet – Sirsak merupakan buah penting dan bergengsi. Sirsak sangat populer karena aromanya yang tajam serta memiliki sensasi rasa yang manis keasaman. Buah ini bisa kita dapatkan dengan mudah dipasaran, baik pasar tradisional maupun pasar modern seperti supermarket.

Tak hanya buahnya, daun sirsak juga dapat kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan mungkin sudah tidak asing lagi. Hal ini seiring dengan banyaknya bermunculan beragam produk kesehatan herbal yang terbuat dari daun sirsak. Beberapa macam manfaat daun sirsak untuk kesehatan diantaranya

Khasiat Daun Sirsak :

1. Mengobati Penyakit Kanker

Setelah diteliti lebih lanjut ternyata daun sirsak memiliki zat aktif yang dapat melawan kanker 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi. Sayangnya hasil penelitian tersebut “dikubur” karena takut mengganggu penjualan kemoterapi yang “menguntungkan” bagi industri pengobatan. Sampai pada awal 2000-an tabir mengenai manfaat daun sirsak yang dapat mengobati kanker berhasil dikuak kembali.

Pusat Penelitian Kanker Chemoprevention Universitas Gadjah Mada (UGM CCRC) Indonesia menemukan kembali bila daun Graviola ( sebutan daun sirsak oleh ahli farmasi ) sebagai obat kanker, Nur Qumara Fitriyah. Dosis yang diuji dalam pengobatan tersebut sebagai berikut :
10 daun sirsak berwarna hijau tua direbus dengan 3 gelas air atau 600 cc dipanaskan hingga tersisa satu gelas air atau 200 cc setelah itu di dinginkan, kemudian di saring lalu di minum setiap pagi. Untuk memperoleh hasil yang maksimal obat herbal ini diberikan selama 3 – 4 minggu. Selain itu juga dibutuhkan pemeriksaan lab untuk mengetahui peningkatannya.

2. Mengobati Sakit Pinggang

Penyakit ini adalah hal umum yang diderita oleh orang lanjut usia dimana otot dan tulang mulai raput. Bisa juga disebabkan karena asam yang meningkat dalam otot pinggang sehingga perlu di netralisir. untuk mensiasatinya gunakan daun sirsak untuk menyembuhkan nyeri tersebut.

3. Mengobati Diare Pada Bayi

Bagi ibu-ibu yang sering panik karna bauh hatinya diare kini tiak usah panik lag karena ternyata daun sirsak dapat mengatasi dare pada bayi anda. Caranya, ambil perasan sirsak berikan pada bayi 3 -4 kali sehari.

4. Mengatasi Ambeien

Penyakit paling menjengkelkan yang pernah ada. Seringkali dialami oleh perempuan, entah kenapa sebabnya tapi yang jelas kini tak usah risau lagi sebab cara mengatasinya cukup mudah. Minum satu gelas air sirsak pagi dan sore niscara ambeien Anda akan tuntas. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter.

5. Menghilangkan Bisulan

Bisul adalah salah satu gangguan kulit yang menjadi momok selain nyeri, ternyata bisul muncul tidak kenal tempat. Bisa di tubuh bisa juga diwajah, nah yang paling merepotkan bila munculnya di wajah karena bisa mengganggu kecantikan. Untuk mengatasinya ambil 7 daun sirsak yang masih muda tempelkan pada bisul sampai mengering.

6. Mengatasi Pilek
Pilek adalah salah satu contok penyakit musiman yang disebabkan karena menurunnya kekebalan tubuh. Influenza tidak dapat dimusnahkan didalam tubuh, virus ini hanya dapat di lemahkan kemampuannya. Yang dapat melemahkan adalah sistem imun dalam tubuh. Oleh sebab itu, jika tiba – tiba kita terserang penyakit flu itu pertanda kekebalan tubuh kita menurun. Apa hubungannya dengan daun sirsak ? Ternyata daun ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara alami sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit pilek.

7. Sakit Kandung Air Seni.
Siapkan buah sirsak yang setengah masak, gula dan garam secukupnya. Masak semua bahan menjadi kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan hal tersebut rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

8. Mengobati Penyakit Liver.
Untung mengobati liver maka anda puasa makanan makanan lain. Anda hanya perlu meminum juice sirsak selama 1 minggu sebagai pengganti makanan.