Manfaat Terong Bagi Kesehatan

terongSelaluBaruNet – Tanaman yang berasal dari Sri Lanka dan India ini mempunyai beberapa warna yaitu ungu, hijau, dan putih. Di Indonesia buah ini digunakan dalam berbagai hidangan seperti sayuran dan lalapan. Berikut ini adalah sejuta mafaat terong bagi kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisinya terdiri dari  vitamin C, K, B6, tiamin, niasin, magnesium, fosfor, tembaga, serat, asam folat, kalium, dan mangan. Selain itu, terong hanya sedikit sekali mengandung kolesterol atau lemak jenuh.

Menjaga kesehatan pencernaan

Sama seperti sayuran lainnya, terong merupakan salah satu sumber serat makanan yang tinggi. Serat sangat penting bagi kesehatan pencernaan dan bermanfaat untuk melancarkan buang air besar. Serat juga dapat merangsang sekresi asam lambung yang memudahkan penyerapan nutrisi dan pencernaan makanan. Serat juga sering dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung karena dapat membantu mengusir kolesterol ‘jahat’ yang dapat menyumbat arteri dan vena, penyebab aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Membantu menurunkan berat badan

Terong adalah makanan yang baik untuk membantu anda dalam menurunkan berat badan. Hal ini karena terong rendah karbohidrat, padat nutrisi, dan rendah kalori. Satu cangkir terong hanya mengandung delapan gram karbohidrat. Terong juga merupakan makanan berglikemik rendah yang berarti bahwa sejumlah kecil karbohidrat dalam terong tidak menyebabkan dampak yang besar terhadap kadar gula darah anda (kunci lain untuk mengoptimalkan penurunan berat badan).

Manfaat Terong Dalam Menjaga sistem kekebalan tubuh

Vitamin C yang terkandung pada terong merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Selain vitamin C, terong juga mengandung mangan, antioksidan alami dan merupakan mineral yang penting. Lebih dari itu, terong mengandung nasunin dan asam klorogenik, dua antioksidan organik yang dapat menghambat radikal bebas, serta mempunyai sifat anti-bakteri dan anti-virus. Adanya antioksidan yang baik dalam tubuh akan memastikan sistem organ seluruh tubuh anda terlindung dari infeksi dan penyakit berbahaya, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Manfaat Terong Dalam Menjaga Kesehatan Tulang

Senyawa fenolik yang terkandung dalam terong sangat bermanfaat untuk melindungi tulang dari terjadinya degradasi tulang dan osteoporosis. Senyawa fenolik adalah senyawa yang memberikan warna unik pada buah-buahan, termasuk terong. Senyawa fenolik juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko osteoporosis, meningkatnya kekuatan tulang dan kepadatan mineral tulang. Terong juga mengandung zat besi dan kalsium yang tinggi, dimana zat-zat tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang.