Mantan Paus Benediktus Kembali ke Vatikan

pausSelaluBaruNet – Mantan Paus Benediktus kembali lagi ke kota Vatikan untuk menetap disana. Benediktus diterbangkan dengan helikopter dari Castel Gandolfo kediaman kepausan dan disambut oleh Paus Francis ketika ia tiba.

Kembalinya Paus emeritus usia 86 tahun tanpa segala macam acara itu, tidak boleh diliput media kecuali media milik Vatikan sendiri, yang mengumumkan tidak akan menyediakan video peliputan yang tadinya diharapkan mengenai acara itu.

Paus Fransiskus hari Kamis menyambut Benediktus di luar rumah pensiunnya yang baru, yang merupakan sebuah biara yang sudah diubah dekat Basilika Santo Petrus. Keduanya kemudian masuk dan berdoa bersama.

Mantan Paus itu terlihat sangat lemah pada penampilan publiknya yang terakhir kali pada bulan Maret sewaktu Paus Fransiskus mengunjunginya di rumah peristirahatan kepausan di Roma selatan. Benediktus tinggal disana sejak ia mengundurkan diri 28 Februari dan menjadi Paus pertama yang berbuat demikian dalam ratusan tahun. Para pejabat Vatikan mengatakan Benediktus hanya menderita sakit biasa karena lanjut usia.

Biarpun ke dua Paus kini tinggal di Vatikan, apartemen kepausan masih kosong. Paus Fransiskus memilih untuk tetap tinggal di tempat akomodasi yang lebih sederhana di hotel Casa Santa Marta milik Vatikan yang menjadi tempat tinggal para kardinal semasa konklaf kepausan yang memilih Paus Fransiskus.