Manusia Tertua Di Dunia Meninggal

manusiaSelaluBaruNet – Semua orang pasti menginginkan umur panjang bahkan jika bisa hidup seribu tahun lagi, tapi ternyata tidak semua orang mendapatkannya. Seorang  Pria Bolivia bernama Carmelo Flores manusia tertua di dunia meninggal pada umur 123 tahun di desanya pada senin malam 9 Juni 2014 waktu setempat

“Ia meninggal kemarin pada pukul sembilan malam,” ujar putra Carmelo, Cecilio Flores, 70, pada Selasa, 10 Juni 2014, seperti dilansir kantor berita Reuters.

“Ia tak bisa berdiri, kakinya bengkak. Dokter mengatakan kepada saya bahwa hal tersebut karena diabetes.” Carmelo yang berasal dari suku Aymara India diklaim berusia 123 tahun. Dalam sertifikat baptis, tertulis bahwa Carmelo lahir pada 16 Juli 1890.

Namun, Bolivia diketahui baru mulai mengeluarkan akte kelahiran resmi pada tahun 1940. Alhasil, pemerintah tidak bisa membenarkan atau menyangkal usia Carmelo.

Umur panjang Carmelo diyakini karena kebiasaannya mengonsumsi biji quiona dan jamur di pinggir sungai. Ia juga rutin mengunyah daun koka dan berburu sigung.

Carmelo menghabiskan hidupnya tinggal di sebuah gubuk beratap jerami di Frasquia. Ia mengaku pernah ikut serta dalam perang Chaco antara Bolivia dan Paraguay pada tahun 1932-1935. Carmelo juga diketahui pernah tinggal di La Paz, namun tidak pernah menyambangi ibukota.

Carmelo menghabiskan hari tuanya berjalan-jalan dengan menggunakan sepatu yang dibuat dari ban bekas. Ia juga kerap berbaring di atas selimut sambil mengamati penduduk desa lalu-lalang.

Berdasarkan catatan resmi, manusia tertua di dunia yang pernah hidup adalah seorang wanita Prancis bernama Jeanne Calment. Menurut Guinness Book of Records, ia meninggal dunia pada tahun 1997 di usia 122 tahun.