Masjid di Pakistan Dilempari Granat, Menewaskan 3 Dai’i

pakistanSelaluBaruNet – Tersangka militan yang mengendarai sepeda motor melemparkan granat di sebuah masjid di barat laut kota Peshawar, Pakistan, menewaskan sedikitnya tiga da’i dan melukai 18 lainnya, kata para pejabat Jumat.

Serangan itu terjadi di pinggiran Peshawar, pintu gerbang ke wilayah suku Pakistan yang bermasalah di mana pasukan keamanan telah memerangi Taliban dan Al-Qaeda militan yang terkait.

“Dua penyerang datang dengan motor dan melemparkan granat di masjid segera setelah kelompok khotbah tiba di sana pada Kamis malam,” kata Rahim Shah, seorang pejabat senior polisi kepada AFP.

Lebih lanjut, Shah menuturkan, rombongan pendakwah yang terdiri atas 25 orang tiba di masjid tersebut untuk menyampaikan pengajaran islam yang lebih mendalam.

Banyak warga Pakistan yang menjalani misi dakwah baik di dalam maupun di luar negeri. Mereka biasanya pergi secara berkelompok dan tinggal di masjid selama beberapa hari.

Belum ada pihak atau kelompok tertentu yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan ini. Secara terpisah, seorang polisi setempat menuturkan bahwa pelaku pelemparan granat tersebut berasal dari wilayah yang dihuni para anggota militan.

“Mereka datang dari wilayah etnis Khyber dan melarikan diri ke lokasi yang sama setelah serangan,” tutur polisi bernama Muhammad Ali ini.

Otoritas Pakistan menuturkan, lebih dari 40 ribu orang tewas dalam serangan yang dilancarkan oleh kelompok militan setempat, termasuk Al-Qaeda dan Taliban.