Menjaga Hati Dengan Segala Kewaspadaan

hikmat KristusSelaluBaruNet – Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. Amsal 4:23. Salomo adalah seorang raja yang paling berhikmat yang pernah ada di dunia ini. Hal-hal yang membuat Salomo adalah seorang raja yang sangat terkenal adalah, pertama  karena dia memilki 700 isteri dan 300 gundik, kedua adalah Salomo adalah raja yang paling kaya di dunia ini karena dia mendapat emas per tahun seharga 666 talenta.

Satu talenta adalah 34 kg, belum termasuk kuda dan lain sebagainya.  Dalam pengalaman hidupnya dia berkata,  Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.( Amsal 4:23). Ternyata pusat dari hidup ini adalah hati sebab itu Firman Tuhan menegaskan sekali lagi bahwa kita harus menjaga hati kita karena dari hati ini terpancar kehidupan, ketenangan, dan kedamaian. Kehidupan yang sukses yang bahagia itu terpancar dari hati kita karena dari hati muncul lewat wajah dan perbuatan kita, sehingga hati itu perlu dijaga.

Kenapa kita harus menjaga hati? Karena dosa itu selalu mengintip di depan pintu. Kejadian 4:6-7 berkata, Firman TUHAN kepada Kain: “Mengapa hatimu panas dan mukamu muram? Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya.” Banyak dosa yang tidak kelihatan seperti, iri hati, benci, dendam sakit hati dan lain sebagainya selalu mengintip hidup kita, sedikit saja lengah  dia langsung masuk. Efesus 4:26-27 Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu, dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis. Jika kita buka hati kita pada dosa maka dosa itu akan masuk.

Cara menjaga hati :

  1.              Injinkan Yesus masuk dalam hati dan menguasai ruangan hati kita sepanjang hidup kita sampai Tuhan datang kembali. Wahyu:20, Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku. Jika seseorang ijinkan Yesus menguasai hatinya maka Yesus akan menjaga hatinya dari segala tipu daya iblis yang membuatnya ragu pada pertolongan Tuhan. Jika kita ijinkan yesus menjaga hati kita maka dosa keraguan dan ketidak percayaan akan tersingkir dan Yesus akan menguasi seluruh hidup kita dan memberikan jaminan dalam diri kita bahwa jika ada yesus maka selalu ada damai.
  1. Menyimpan Firman Tuhan dalam hati. Mazmur 119:9-11, Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu. Dengan segenap hatiku aku mencari Engkau, janganlah biarkan aku menyimpang dari perintah-perintah-Mu. Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau. Kita bisa menyimpan Firman Tuhan jika kita membacanya dan Firman itulah yang akan menjaga hati kita. Roma 10:8, Tetapi apakah katanya? Ini: “Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu.” Itulah firman iman, yang kami beritakan. Jika Firman itu dibaca maka tersimpan dalam hati dan akan keluar dari mulut kita. Jika kita jaga hati dan pikiran kita selaras dengan Firman Tuhan maka kita akan selalu punya pikiran yang positif,  sehingga ketika dosa mau masuk, hati dan pikiran, kita tidak terkontaminasi tapi tetap memikirkan hal yang positif yang dari Tuhan. 1 Tesalonika 5:18a, Mengucap syukurlah dalam segala hal. Bukan pada waktu diberkati saja tapi dalam segala masalahpun harus mengucap syukur. Apapun masalah yang dihadapi percaya bahwa Tuhan pasti memberikan jalan keluar.
  1. Tetap penuh Roh Kudus. Yohanes 7:37-39,  Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: “Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! 7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.” 7:39 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan. Jika kita menjadikan gaya hidup menyembah dalam hidup kita maka dalam hati kita akan mengalir mata air kehidupan, sehingga ketika iblis mau masuk dalam hati kita dan membuat kita ragu, benci dan kecewa maka semua itu akan pergi dengan sendirinya karena ada Roh Kudus yang menjaga dan membersihkan hati kita. Dialah yang mengambil alih masalah kita.

 

Oleh Pdt Nainggolan Di Bethany TOC Surabaya (09 Januari 2014)