Menlu Korea Selatan: Jokowi Sangat Terkenal Di Korea

jokowiSelaluBaruNet : Keramahan dan integritasnya membuat Presiden terpilih Joko Widodo menjadi sorotan berbagai media, bukan hanya di Indonesia saja tapi sampai berbagai negara di dunia. Benarkah?

Penyataan tersebut terlontar dari Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Yun Byung Se, yang mengelar menggelar pertemuan dengan presiden terpilih, Joko Widodo di kantor Balai Kota Jakarta, Kamis 9 Oktober 2014. Yun Byung Se menyebutkan bahwa Jokowi merupakan salah satu tokoh yang sering diberitakan media di Korea Selatan.

Bahkan menurut dia, media-media Korea Selatan seringkali menyamakan sosok Jokowi dengan sosok Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Sambil berkelakar menurut penilaiannya, secara fisik Jokowi memang mirip dengan Obama, tetapi sedikit lebih ganteng.

“Saya terkesan karena Jokowi ternyata lebih ganteng dari Obama. Jadi saya percaya sekali Jokowi akan menjadi pemimpin besar di kawasan Asia,” kata Yun Byung Se usai bertemu Jokowi di Balaikota Jakarta.

Selain itu menurut Yun, dia juga terkejut saat mengobrol dengan Jokowi, karena pria yang saat ini masih aktif menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta tersebut banyak mengetahui nama-nama artis K-Pop dibanding dirinya.

“Ini pertama kali saya bertemu Pak Jokowi, tapi sudah seperti kenal lama. Beliau sangat terkenal di Korea,” katanya.

Yun menambahkan, kedatangan dia ke Balai Kota Jakarta adalah untuk menyampaikan ucapan selamat dari Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye atas terpilihnya Jokowi sebagai presiden periode 2014-2019.

Kemudian agenda lain yang dibahas adalah, Korea Selatan mengundang Jokowi untuk datang dalam KTT ASEAN yang akan digelar di Korea Selatan pada Desember mendatang.